Fit

Dr Tirta ungkap 3 penyebab orang yang sampai sekarang negatif covid

Dokter dan juga influencer Dr Tirta Mandira Hudhi kembali mengunggah video edukasi mengenai covid-19. Kali ini dia sampaikan ciri-ciri orang yang belum pernah terinfeksi alias negatif covid-19.

Menurutnya hal itu bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Lantas, apa saja faktor-faktornya?

Muslima Fest

Di Baduy negatif covid semua

Sebelum ke sana, Dokter Tirta baru-baru ini juga mengakui dan membenarkan kalau ada sebuah keajaiban yang terjadi di warga Suku Baduy, Lebak, Banten. Di tengah sekeliling yang masuk zona merah, warga Baduy justru tak ada yang positif covid alias negatif.

Itu berlaku sejak covid pertama kali masuk ke Indonesia. Warga Baduy, tak ada satu pun yang kena. Dari hasil analisa Dr Tirta, disebutkan kalau figur ketua adat Baduy memiliki peran sentral dalam menyelamatkan warganya.

“Kita perlu kita contoh warga yang sangat terikat kekeluargaannya, hubungan antar manusia, hubungan adat dan ketua adat. Mereka semua patuh, jika ketua adat bicara A, maka semua warga patuh. Maka itu mobilitas warga bisa dikontrol. Mereka juga dikenal selalu menjauhi perdebatan, bagi mereka yang penting jaga kesehatan,” kata dia.

Selain itu, warga Baduy sudah sejak lama selalu meminum jahe-jahean hangat. Itu membantu mereka untuk menguatkan sistem imun mereka.

Suku Baduy. Foto: Ist.
Suku Baduy. Foto: Ist.

“Selanjutnya, mereka juga selalu menjauhi gaya hidup bermalas-malasan atau rebahan, inilah salah satu faktor risiko yang meningkatkan comorbid, dan faktor tidak sehat. Beda dengan warga ibu kota besar, kerja selalu pakai AC sentral, sering rebah-rebahan,” katanya.

Baginya, poin penting yang bisa dipelajari dari warga Baduy, ternyata justru orang yang patuh dan kompak dan kekuatan adat bisa terbebas dari penyakit.

Lalu, kenapa bisa negatif covid?

Nah, dalam pernyataan selanjutnya, Dokter Tirta kemudian menjelaskan bagi siapapun orang yang hingga kini belum kena covid alias negatif. Kata dia, setidaknya ada 3 faktor yang menyertainya.

“Buat kalian semua yang di rumah, yang belum atau amit-amit kena covid, mungkin 3 hal ini penyebabnya,” kata dia di Apa Kabar Indonesia.

Pertama, mungkin karena protokol kesehatan Anda sangat kuat. “Mungkin kamu di rumah saja, mungkin kamu jarang keluar, mungkin kamu pakai masker, mungkin kamu kaku dengan dirimu sendiri, mungkin itu salah satu apresiasi banget buat kami. Karena saya sendiri pun masih sering lupa, dan ditegur oleh orang lain,” kata Dokter Tirta.

ilustrasi vaksinasi. foto: Ist
ilustrasi vaksinasi. foto: Ist

Faktor kedua yang membuat seseorang selalu negatif covid, yakni karena mungkin sistem imun Anda yang kuat. Kadang Anda tentu sering lihat ada orang kerja, enggak capek-capek tapi dia jarang sakit. Karena memang ada orang-orang semacam itu.

“Ketiga, memang beruntung, kayak sekelilingnya kena tapi dia enggak kena. Ya memang beruntung. Nah kalau kamu belum kena itu artinya kamu harus bersyukur. Karena bisa jadi imun di sekelilingmu ada yang rendah juga.”

“Sekelilingmu enggak sekuat kamu, ada yang memang enggak seketat prokes kamu. Makanya jaga diri dan jaga sesamamu. Soal covid ini pentingnya jaga diri dan jaga sesamamu,” katanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close