Trending

Dulu tembak mati pasien corona, kini Kim Jong-un terjangkit COVID-19?

Diktator Korea Utara, Kim Jong-un beberapa waktu belakangan tidak muncul ke hadapan publik. Kabarnya, Kim Jong-un terjangkit COVID-19.

Kecurigaan Kim Jong-un sakit karena dia absen dalam peringatan ulang tahun kakeknya, yang juga pendiri negara, Kim II Sung. Kondisi kesehatan Kim Jong-un sempat ditutupi dari publik. Hingga akhirnya, diumumkan kalau dia menderita penyakit jantung dan menjalani operasi.

Selain sederet kebijakan aneh, diktator Korut itu dikenal berdarah dingin. Contohnya, dia enggak segan menembak mati rakyatnya yang terjangkit virus corona. Kini muncul kabar kalau Kim Jong-un terjangkit COVID-19.

Baca juga: Kim Jong-un perintahkan pasien virus corona Korea Utara ditembak mati

Kabar itu disampaikan oleh Jack Posobiec, aktivis konservatif pendukung Presiden AS Donald Trump, lewat Twitter. “Beberapa pejabat AS menginfokan @OANN kalau Kim Jong-un terjangkit COVID-19 dari seorang dokter asal China yang didatangkan untuk membantu operasi jantungnya. Kini dia dalam kondisi yang stabil,” cuit Jack pada 21 April 2020.

Dipantau dengan ketat

Kabar sakitnya Kim Jong-un mendapat perhatian dari negara-negara lain. Perwakilan Korea Selatan menyebut tidak ada aktivitas yang tidak biasa di Korea Utara. “Kami tidak punya informasi terkait rumor kesehatan Kim Jong-un seperti yang diberitakan media. Dan, tidak ada perkembangan lain yang terdeteksi di Korea Utara,” kata juru bicara Korsel, Kang Min-seok beberapa waktu lalu, dilansir dari Fox News.

Kim Jong-un. Foto: Reuters/Athit Perawongmetha
Kim Jong-un. Foto: Reuters/Athit Perawongmetha

Pemerintah Korsel lalu memberi kabar kalau diyakini Kim ditempatkan di luar Pyongyang dengan beberapa kerabat dekat. Kim masih mengurus kepentingan negara seperti biasa. Tidak ada respons darurat dari partai-partai di Korut, militer atau kabinet.

Baca juga: Sadisnya Kim Jong-un, jenazah tidak dimakamkan tapi dijadikan pupuk

Perwakilan Amerika Serikat menyebut Gedung Putih menyadari kondisi kesehatan Kim mungkin berisiko. AS punya informasi kalau Kim mungkin sudah menjalani operasi dan mengalami komplikasi sehingga kesehatannya memburuk. Tapi, tidak diketahui di mana operasi dilakukan dan apa komplikasi yang dialami Kim.

Intelijen Korsel yang tidak disebutkan namanya menyebut Kim memiliki masalah jantung dan sudah dioperasi. Tapi tidak bisa dikonfirmasi kondisi terkini Kim.

Selain AS dan Korea Selatan yang berusaha memantau kondisi kesehatan Kim, Jepang juga mengaku pihaknya ikut mengawasi Kim Jong-un.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close