Otomotif

Koleksi mobil Dwi Sasono, kepincut kenyamanan Eropa

Artis Dwi Sasono artis yang telah memploklamirkan sebagai penggemar mobil klasik Eropa. Hal itu dibuktikannya dengan koleksi mobil Mercy tiger yang dimilikinya, kenyamanan menjadi alasan Dwi menyukai mobil klasik racikan Eropa.

Koleksi mobil klasik dengan gaya old yang disukai Dwi, membuat beberapa kali artis yang memiliki istri bernama Widi AB Three ini, memposting mobil Mercy Tiger W123. Bahkan dalam postingan tersebut, Dwi berpose dengan gaya old.

“Jangan biarkan #dirumahaja menghambat #ootd kalian! Foto-foto aja, ga apa apa, ga ada yang tau ko kalau itu cuma outfit lo cuci mobil,” tulisnya seperti dikutip Hops, Senin 1 Juni 2020.

Mercedes Benz W123 atau Mercy Tiger Foto: Jaldayat

Mercy tiger sendiri merupakan sedan mewah yang terkenal di era 70-80an dan banyak dikenal sebagai W123. Nama Mercy Tiger sendiri muncul hanya di Indonesia, karena mobil tersebut dahulu hanya digunakan dan dimiliki oleh warga negara asing dan para pejabatan dari luar negeri yang bekerja di Indonesia.

Namun bagi sebagian orang, menyebut Mercedes Benz W123 dengan sebutan Mercy Macan yang memiliki kepanjangan Mercedes Benz Manis dan Cantik. Seiring populasinya di Indonesia, banyak warga asing yang menjadi pemilik mobil ini, kembali ke negaranya dan menjual mobil yang digunakannya selama tugas di Indonesia.

Baca Juga: Polisi bicara keterlibatan Widi Mulia atas kasus narkoba Dwi Sasono

Kemudian, Mercy Macan yang disebut oleh masyarakat Indonesia, diganti namanya oleh pedagang mobil bekas menjadi Mercy Tiger. Hingga saat ini, Mercedes Benz W123 dikenal sebagai Mercy tiger, dengan alasan penyebutannya lebih keren dibanding Mercy macan.

Mercedes Benz W123 merupakan kendaraan sedan yang dikenal sangat nyaman dan aman di eranya. Desainer Daimler –Benz Bruno Sacco membuat rancang bangun mobil ini dengan teliti dan disesuaikan dengan kebutuhan mobil mewah bagi konsumennya.

Kabin Mercy tiger Foto: Jaldayat

Tak heran, jika mobil tersebut hingga saat ini banyak diminati para kolektor, karena memiliki desain abadi atau masih tetap enak dilihat meski sudah berusia puluhan tahun. Untuk pasar Indonesia sendiri Mercedes Benz W123 mulai dipasarkan pada tahun 1977 hingga 1985.

Mesin Mercy tiger

Mercedes Benz W123 ditawarkan dengan pilihan mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 Cc serta mesin diesel kapasitas 3.0 liter. Untuk pasar dalam negeri, Mercedes Benz hadirkan empat tipe W123 mulai dari tipe 200, 230, 280 dan 280E.

Perbedaan dari tipe yang ditawarkan antara lain mesin 2.0 liter memiliki dua tipe mesin berkode M115 dan M102. Kedua kode mesin ini juga disematkan pada tiga model Mercy tiger lain yang kapasitasnya berbeda-beda, dengan pilihan karburator dan injeksi.

Mercy Tiger koleksi Dwi Sasono
Mercy tige Dwi Sasono Foto: Instagram

Teknologi Injeksi sendiri sudah dikembangkan Mercedes Benz, dimana untuk model Mercy Tiger menggunakan sistem jetronic.  

Di era tahun 70-an Mercedes Benz juga telah mengembangkan teknologi mesin DOHC, dan menjadi satu-satunya mobil yang memiliki teknologi mesin menggunakan dua chamsaft di Indonesia. Mesin tersebut disematkan pada model Mercedes Benz 280 dan 280E.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close