Unik

4 Aksi kocak emak-emak demo buruh, ada yang terobos polisi demi sendal

Aksi emak-emak demo buruh terekam kamera amatir, dan viral di media sosial.

Demo buruh menentang UU Omnibus Law atau UU Cipta Kerja masih berlangsung. Berbagai momen aksi buruh ini terekam kamera dan tersebar di lini media sosial.

Salah satu yang menarik perhatian adalah aksi emak-emak demo yang tak sengaja terekam kamera. Entah apa tujuannya para ibu-ibu ini ada di lokasi demo, namun ada beberapa yang sengaja menjemput anaknya di tengah kerumunan.

Baca juga:
Aksi emak-emak titip bendera merah putih ke prajurit, pesannya bikin nangis

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 5 Aksi kocak emak-emak yang terekam kamera dana viral di media sosial sepanjang demo Omnibus Law berlangsung. Simak ya.

Emak jemput anaknya yang ikut demo

Seorang pemuda yang lagi ikut aksi demo, dijemput dan disuruh pulang oleh emak-emak berdaster.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @na_dirs pada 8 Oktober 2020, terlihat seorang pemuda yang lagi ikut aksi demo, dijemput oleh seorang emak-emak dan disuruh pulang.

Demo dijemput emak
Demo dijemput emak Foto: Instagram

Emak-emak yang mengenakan daster berwarna merah itu diduga adalah ibu dari pemuda tersebut. “Emak yang penuh dedikasi dan tanggungjawab sama anaknya emang begini. Anaknya yang lagi ikutan demo disusul dan disuruh pulang: ‘jangan lupa bantu cuci piring emak yah!’” tulis akun @na_dirs dalam keterangan unggahannya.

Emak-emak berdaster itu terlihat mendorong bahu si pemuda tersebut agar keluar dari kerumunan dan menyuruhnya pergi.

Si pemuda pun tampak kesal dan berusaha menolak ajakan emak-emak tersebut untuk pulang. Apalagi teman-teman pendemo lain ikut bersorak melihat kejadian itu. Ada warganet yang ‘nyeletuk’ soal kehebatan si emak yang mampu menemukan anaknya di tengah massa yang berdemo. Lihat videonya di sini.

Emak-emak ikut demo naik truk

Masih ingat film berjudul Tilik yang viral beberapa waktu lalu kan? Film itu memperlihatkan obrolan ibu-ibu yang sedang dalam perjalanan dengan menggunakan truk.

Mirip film Tilik, begini momen semangatnya emak-emak ikut demo naik truk. Foto: Instagram
Mirip film Tilik, begini momen semangatnya emak-emak ikut demo naik truk. Foto: Instagram

Nah, beberapa waktu lalu ketika para buruh turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi, segerombolan emak-emak nekat naik truk untuk mengikuti demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Bersama dengan serikat federasi buruh, para emak-emak yang berprofesi sebagi buruh di Cimahi, Jawa Barat mengikuti aksi massa tersebut.

Mirip film Tilik, begini momen semangatnya emak-emak ikut demo naik truk. Foto: Instagram
Mirip film Tilik, begini momen semangatnya emak-emak ikut demo naik truk. Foto: Instagram

Di laman instagram @konfederasikasbi_ diunggah foto perjuangan emak-emak ketika hendak mengikuti aksi massa di Kota Kembang (Bandung), Jawa Barat.

Dalam captionnya, akun milik KASBI itu menjelaskan bahwa, adegan emak-emak naik truk tak hanya ada di dalam film dokumenter Tilik.

Emak-emak bopong bebek terobos barikade polisi

Sebuah video yang menggambarkan heroiknya emak-emak terjadi di Kalimantan Timur. Kali ini sebuah video amatir merekam aksi emak-emak menerobos barikade polisi hana untuk lewat.

Emak-emak demo buruh
Emak-emak Foto: Instagram

Uniknya emak-emak dengan helm ungu metalik itu membawa belasan bebek di belakang motornya. Terlihat juga beberapa mahasiswa yang membantunya untuk mendorong motor si emak ke arah barikade polisi.

Tanpa gentar, si emak meluncur, diiringi tepukan tangan para pendemo.

Video ini diposting di akun Instagram @Lucu Abis dan sudah diputar 118,549 kali dalam 2 jam sejak diposting. Simak videonya di sini.

Terobos polisi demi ambil sendal

Video lain yang tak kalah viral adalah momen ketika Emak-emak nekad mendorong barikade polisi hanya demi mengambil sendal jepitnya yang lepas.

Emak-emak demo buruh
Emak-emak Foto: Instagram

Dalam vieo berdurasi 15 detik itu, seorang emak-emak berhijab nampak mendorong barisan barikade polisi. Tanpa rasa takut dan dengan ekspresi yang tenang, emak-emak itumengambil sandal jepitnya yang tergeletak di antara polisi-polisi yang sedang ambil formasi.

Baca juga:
Viral video emak-emak nekat robek bendera merah putih, warganet: PKI masa kini

Tak ada yang tahu bagaimana sandal si emak-emak bisa tergeletak di sana. Namun yang pasti aksi si emak-emak di puji banyak wargant.

Video yang diposting akun @lucu.abis itu telah tayang sebanyak 224 ribu kali dalam 21 jam terakhir. Simak videonya di sini.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close