Unik

Energi alternatif: Lengkap pengertian, macam-macam dan manfaatnya

Energi alternatif atau yang biasa disebut energi terbarukan adalah pengganti bahan bakar fosil. Berikut akan diulas tentang energi alternatif, lengkap dengan macam-macam hingga manfaatnya. Simak ulasan berikut.

Pengertian energi alternatif

Energi secara umum dapat diartikan sebagai kekuatan yang dimiliki oleh suatu benda untuk melakukan kerja. Sementara alternatif sendiri adalah suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi.

Sumber: YouTube

Berdasarkan pengertiannya, energi alternatif merupakan semua energi yang dapat digunakan untuk mengganti bahan bakar konvensional. Istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang kerap merusak lingkungan.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica (2015), pada abad 21, sekitar 80 persen energi yang ada di dunia dihasilan dari bahan bakar fosil, berupa batu bara, minyak bumi dan gas alam. Sementara bahan bakar fosil termasuk dalam energi tak terbarukan, dimana jumlahnya terbatas dan suatu saat akan habis. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai macam energi untuk keberangsungan hidup manusia yang terbarukan dan jumlahnya tak terbatas.

Macam-macam dan manfaatnya

Berikut beberapa contoh energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil yang bermanfaat untuk manusia, diantaranya sebagai berikut:

Sumber: BisnisUKM
  1. Angin
    Angin merupakan udara yang bergerak dan termasuk salah satu energi alternatif yang ramah lingkungan. Pergerakan angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Di Belanda, kincir angin digunakan sebagai alat untuk menghasilkan listrik. Di Indonesia sendiri, beberapa proyek pembangkit tenaga angin sudah dibangun, salah satunya di Sulawesi Selatan. Diantaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sdirap 75 Mega Watt (Mega Watt/MW).
  2. Air
    Energi air dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik tenaga air tanpa meninggalkan emisi gas rumah kaca. Seperti angin, air juga bisa menggerakkan kincir atau turbin air. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, banyak ditemukan air yang mengalir. Sebagai suatu contoh, air terjun yang diolah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain itu, contoh energi air adalah arus sungai, pasang surut laut, hingga ombak yang mampu menghasilkan listrik.
  3. Matahari
    Berbagai kehidupan bergantung pada sinar matahari yang termasuk dalam energi tak terbatas. Sama seperti angin dan air, energi matahari juga bisa digunakan sebagai sumber listrik. Energi matahari diserap di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Energi ini juga dikenal dengan tenaga surya. Tak sedikit yang menggunakan matahari sebagai sumber lisrik dengan memasang panel surya.
  4. Panas bumi
    Energi alternatif lain adalah panas bumi. Panas bumi atau juga dikenal geotermal bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik. Panas dari bumi menghasilkan uap yang kencang yang kemudian diolah di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB). Indonesia termasuk negara terbesar kedua penghasil listrik energi panas bumi di dunia, mengalahkan Filipina dengan kapasitas PLTP 1.600 MW.
    Flores di Nusa Tenggara Timur ditetapkan sebagai Pulau Panas Bumi oleh Menteri ESDM/ Hal itu karena di Flores ada 16 titik potensi panas bumi yang tersebar.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close