Hobi

Facebook, Instagram dan WhatsApp bakal kehadiran fitur baru di bulan Ramadan, apa itu?

Jelang bulan Ramadan 1442 H yang sudah di depan mata, sederet media sosial dan aplikasi perpesanan bersiap diri menyambut bulan suci umat Islam itu. Tak terkecuali Facebook, Instagram dan juga WhatsApp yang akan menghadirkan sederet fitur baru pada bulan Ramadan 2021 ini.

Fitur baru tersebut digulirkan untuk mendukung para pengguna yang menjalankan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 yang masih juga tak kunjung reda.

Fitur baru tersebut mencakup stiker dan filter yang bisa dipakai para pengguna selama bulan Ramadan 2021 ini. Fitur-fitur baru ini juga diharapkan akan membuat pengguna saling terhubung satu sama lain di bulan puasa ini.

Aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa di Unsplash
Aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa di Unsplash

“Fitur-fitur baru tersebut dihadirkan agar pengguna dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan yang suci ini,” kata Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dilansir Hops.ID dari laman Suara, Kamis 8 April 2021.

Nantinya, stiker maupun filter yang dihadirkan akan berbeda-beda pada setiap platform. Pada Instagram misalnya, di fitur Stories akan ada stiker khusus Ramadan yang dirancang oleh desainer asal negara Asia Barat, Bahrain. Sementara itu, stiker khusus yang akan hadir di aplikasi perpesanan WhatsApp dirancang oleh ilustrator asal Turki.

Kemudian di media sosial Facebook, pengguna akan kehadiran stiker Avatar dan News Feed. Tak cuma itu, filter kamera dan stiker baru juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids.

Ilustrasi aplikasi di handphone. Foto: Thomas Ulrich di Pixabay

Seperti namanya, fitur khusus Ramadan 2021, nantinya setelah bulan puasa selesai, maka stiker maupun filter yang dihadirkan secara khusus itu akan tidak tersedia lagi.

Dengan hadirnya fitur-fitur baru ini di bulan Ramadan tahun 2021, diharapkan peningkatan pengguna akan semakin naik. Apalagi, saat ini banyak pengguna media sosial yang merayakan, berkomunikasi maupun berkumpul bersama teman atau keluarga secara virtual lewat media sosial, mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Orang Indonesia sendiri memang senang membagikan momen-momen mereka saat Ramadan melalui media sosial. Bahkan dilaporkan, pada bulan Ramadan tahun 2020 lalu, sebanyak 10 juta pengguna di Indonesia membuat unggahan dan komentar di Facebook soal pengalaman berbuka puasa.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close