Hot

Fadli Zon sembelih sapi, warganet: Secara syariat salah, dagingnya haram

Politikus parta Gerindra, Fadli Zon mengunggah video saat melakukan sembelih sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha. Dalam video berdurasi 1 menit 12 detik tersebut, Fadli memberi keterangan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya.

“Pengalaman pertama menyembelih hewan kurban. Darahnya muncrat ke mana-mana,” tulisnya di Twitter pada Jumat, 31 Juli 2020.

Baca Juga: 7 Artis TikTok dengan penghasilan terbesar, bisa Rp700 juta sekali posting

Namun, alih-alih mendapatkan pujian, aksi sembelih sapi Fadli Zon malah menuai pro kontra dari warganet. Sebabnya, cara menyembelih Fadli dianggap menyalahi ketentuan dalam syariat Islam.

Anggota DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon. Foto Instagram Fadli Zon.
Anggota DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon. Foto Instagram Fadli Zon.

Menurut warganet, golok yang digunakan Fadli Zon tampak tak tajam sehingga butuh berkali-kali hingga urat nadi sapi terputus. Hal ini membuat sapi mati dengan cara “tersiksa” dan dagingnya menjadi haram untuk dikonsumsi.

Seperti yang dikomentari oleh akun @LapakMr. “Maaf Bang Fadli Zon, dari cara memotongnya salah, kepalan tangannya kurang kuat, berapa kali golok lepas dari leher sapi. Dari sisi syar’i, kurang syar’i dan menyiksa binatan, tapi niatnya bagus karena seorang laki harus berani menyembelih hewan.”

Hal senada juga disampaikan oleh akun @fatahwhb. “Sesuatu itu ada syarat sahnya. Jika syarat sahnya terpenuhi secara tuntutan dan tuntunan, maka hukumnya identik dengan kehalalan. Sesuatu yang halal dapat beruah menjadi makruh, bahkan haram karena kesalahan caranya. Paham saya begitu.”

Tak hanya warganet biasa, Mantan Ketua DPR Marzuki Alie pun ikut mengomentari aksi sembelih sapi Fadli Zon.

“Kalo belum tau gapapa, tapi ke depan harus pisau yang sangat tajam, sekali tarik nadi pernapasannya putus. Memang susah karena harus ada tenaga tekannya juga dengan pisau yang tajam. Kebetulan dulu masih muda kalau korban potong sendiri, jadi tekniknya agak mengerti. Diusahakan tidak terasa,” tulis Marzuki Alie.

Politisi Partai Demokrat Marzuki Alie
Politisi Partai Demokrat Marzuki Alie. Foto: Marzukialie.com

Menanggapi hal ini, banyak warganet yang memberi Fadli Zon video rujukan cara penyembelihan sapi yang benar. Mereka berharap agar hal ini dapat menjadi pembelajaran untuk ke depannya. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close