Hobi

Whatsapp dan Facebook down, Fahri Hamzah gak galak malah lucu

Masalah sosial media andalan warga dunia mulai dari Whatsapp, Facebook hingga instagram sempat mengalami down, salah satu pengguna dan juga politisi Fahri Hamzah mengalami masalah sama dan mengungkapkan niatnya.

Keinginan niat Fahri Hamzah meski terbilang menarik, hal tersebut diungkapnya melalui cuitan di media sosial twitter.

Muslima Fest

Dalam akun Twitternya, Fadli memposting sebuah pemberitaan berjudul “Whatsapp, Instagram, Facebook Padam di Seluruh Dunia.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah. Foto Instagram @fahrihamzah

Dalam kicauannya, Fahri menanggapi santai kejadian down server Whatsapp, Instagram dan Facebook ini. Tapi menariknya, dia justru terdorong untuk mengajak masyarakat Indonesia berinovasi membuat aplikasi serupa.

“Ayo bikin app (aplikasi) lokal yuk,” kicau Fahri pada Selasa dini hari (5/10).

Tak cuma sampai disitu, dalam kicauan yang berbeda Fahri mengusulkan nama aplikasi seperti Whatsapp, Instagram dan juga Facebook jika dibuat oleh anak-anak Indonesia.

“WhatsApp kita ganti: AdaPa. Instagram diganti: Cepretan. Facebook diganti apa?” demikian cuit lucu Fahri.

Aplikasi WhatsApp. Foto: CT Post
Aplikasi WhatsApp. Foto: CT Post

Seperti diketahui, pada Senin (4/10) malam, aplikasi Facebook, Instagram hingga WhatsApp mengalami down. Keluhan ini dilampiaskan warganet melalui media sosial lain seperti Twitter. Bahkan, soal pemadaman tiga aplikasi populer tersebut jadi trending topic.

Banyak dari warganet mulanya mengira bahwa mereka memiliki masalah dengan sinyal, sebelum akhirnya menyadari bahwa memang WhatsApp, Instagram dan Facebook sedang mengalami pemadaman. Hal tersebut bukan hanya dialami di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata akun resmi Facebook di Twitter.

Ilustrasi aplikasi media sosial. Foto: NPO Reports
Ilustrasi aplikasi media sosial. Foto: NPO Reports

Alasan pasti mengapa aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam grupnya Mark Zuckerberg itu down belum jelas hingga kini. Namun, beberapa pakar siber dengan cepat menunjuk masalah Domain Name System (DNS) sebagai kemungkinan penyebabnya.

Menukil CNN International, Divisi Analisis Internet Cisco ThousandEyes mengatakan bahwa dari hasil pengujian yang dilakukannya, menunjukkan bahwa penyebab down-nya Instagram, Facebook hingga WhatsApp terjadi karena kegagalan DNS yang sedang berlangsung. DNS menerjemahkan nama situs web menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. Ini sering disebut ‘buku telepon internet’.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close