Hobi

Fakta pemikat Mitsubishi Xpander jadi trend setter MPV di Indonesia

Pasar mobil multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia masih cukup dominan, terlebih ikon mobil sejuta umat masih bertahan sejak 2003. Kemunculan model baru seperti Mitsubishi Xpander trend setter yang terbilang baru diluncurkan pada 2017, tak dipungkiri mampu mengubah daya tarik konsumen ke arah yang lebih modern.

Sejak diluncurkan 4 tahun lalu, Mitsubishi Xpander hingga kini terbilang sebagai MPV yang cukup bertaji dan mendapatkan respon positif di mata konsumen hingga menjadi trend setter. Salah satu kuncinya, Xpander hadir dengan beberapa ubahan khususnya model yang lebih modern.

Muslima Fest

Sebagaimana diketahui, Mitsubishi membenamkan headlamp yang dikenal dengan bahasa desain dynamic shield. Gebrakan desain pada lampu utama inilah menjadikan MPV andalan produsen Jepang ini mampu menjadi rival terdekat Avanza.

Mitsubishi Xpander GLX. Foto: Mitsubishi
Mitsubishi Xpander GLX. Foto: Mitsubishi

Hal tersebut terbukti dengan angka penjualan Mitsubishi Xpander selama 4 tahun sejak diluncurkan, hingga Juli 2021 mendekati angka 200.000 unit. Sepanjang itupula Mitsubishi Xpander mendapatkan banyak penghargaan terhadap kualitas dan fungsionalitas kendaraan keluarga.

Kandungan lokal tinggi Mitsubishi Xpander dapat PPnBM dari pemerintah

Insentif PPnBM yang diberikan pemerintah kepada deretan mobil kelas 1.5 liter, harus memiliki syarat jumlah komponen lokal diatas 80 persen. Hal inilah yang menjadikan Xpander masuk sebagai model yang mendapatkan insentif.

Dengan insentif PPnBM membuat Xpander menjadi salah satu mobil yang kian diminati karena harga yang semakin murah dengan adanya insentif dari pemerintah.

Tingginya permintaan varian Mitsubishi Xpander Ultimate tak lepas dari konsumen yang memanfaatkan insentif PPnBM 100 persen yang diberikan pemerintah. Terlebih pemerintah baru saja memperpanjang PPnBM 100 persen hingga Agustus 2021.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto: ist

Adanya PPnBM tersebut, Mitsubishi mampu memangkas harga seluruh varian Xpander dengan potongan harga untuk Xpander mulai Rp16,7 juta hingga 16,9 juta. Sedangkan pada periode kedua, Xpander mendapatkan keringanan PPnBM 50 persen dari harga penjualan Rp278,9 juta.

Group Head of Regional, Sales & Marketing Division PT MMKSI Budi Dermawan Daulay menjelaskan bahwa hampir semua varian Xpander mendapatkan pertumbuhan permintaan.

“Hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mengalami peningkatan demand, namun yang paling tinggi Xpander Ultimate dan Cross yang premium,” kata dia.

fitur tersembunyi Mitsubishi Xpander MPV trend setter

Salah satu cara untuk mengaktifkan fitur yang tersembunyi dan dimiliki Mitsubishi Xpander harus terlebih dahulu mengaktifkan perngkat electronic time anda alarm control system (ETACS) yang bisa mengaktifkan beberapa fitur tambahan pada mobil.

Dengan pengaktifan atau penyesuaian sistem ETACS yang terdapat pada beberapa model mobil Mitsubishi, pemilik bisa mengaktifkan fitur tambahan yang bisa muncul. Meski jumlanya sangat banyak namun fitur tersembunyi yang bisa diaktifkan tergantung dari model mobilnya.

Sedangkan untuk mobil MPV Xpander sendiri ada beberapa fitur yang tersembunyi bisa diakfitkan saat melakukan kunjungan ke bengkel resmi Mitsubishi. Diantara fitur tersebut diantaranya:

Fitur welcome light

Fitur ini  akan menyalakan lampu saat Anda membuka pintu melalui remote keyless operation system, fitur ini secara standar sudah aktif di posisi lampu kecil yang akan menyala selama 30 detik. Tapi sebenarnya ini bisa Anda ganti dengan pilihan lampu besar yang lebih memudahkan Anda saat mencari mobil di gedung parkir. Atau jika Anda tidak suka maka bisa Anda nonaktifkan saja.

Fitur coming home light

 Fitur ini memberikan kemudahan saat Anda tiba di rumah di malam hari, karena lampu mobil akan bisa menyala untuk memberikan penerangan bagi Anda setelah mesin mobil dimatikan. Caranya cukup tarik tuas lampu sein ke posisi hi-beam maka lampu depan (low-beam) akan menyala. Secara standar fitur ini diatur selama 30 detik, tapi Anda bisa memilih interval waktunya dari 15 detik, 30 detik, 60 detik, dan 180 detik atau dimatikan saja.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Foto: Dok MMKSI

Fitur Head Lamp Auto-cutout

Lampu depan akan mati secara otomatis saat pintu pengemudi dibuka dan mobil dalam keadaan mati. Anda bisa memilih untuk mengaktifkan fitur atau tidak. Jika tidak maka Anda tetap harus mematikannya secara manual.

Fitur Hazard Answer-back

Ketika mengunci atau membuka pintu melalui remote keyless atau KOS, maka secara standar lampu sein akan berkedip. Satu kali saat mengunci dan dua kali saat membuka. FItur ini bisa Anda kustom apakah mau dibalik menjadi dua kali saat mengunci dan satu kali membuka. Atau saat buka tidak menyala tapi saat mengunci nyala satu kali atau dua kali. Bahkan tidak menyala sama sekali juga bisa.

Pada fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat membuka pintu yang terkunci secara otomatis terbuka saat tuas transmisi Anda pindahkan ke posisi P

Ini baru sebagian saja dari fitur-fitur yang ada di ETACS dan bisa Anda kustom sesuai selera. Masih banyak lagi fitur-fitur yang tersedia di ETACS di artikel lainnya. Tapi jangan lupa ya untuk melakukan kustomisasi ETACS ini Anda harus datang ke dealer resmi Mitsubishi agar garansi mobil Mitsubishi kesayangan Anda tetap aman.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close