Unik

Jadi tempat kuburan massal, ini dia fakta menarik Pulau Poveglia

Fakta Pulau Poveglia.

Tahukah kamu bahwa Pulau Poveglia dianggap sebagai pulau paling berhantu di dunia? Sebuah cerita kelam terjadi di pulau tersebut sehingga membuat bulu kuduk merinding.

Pulau Poveglia merupakan pulau yang letaknya di Laguna Venesia ini menjadi saksi bisu dari wabah penyakit yang mematikan para penghuninya.

Sebelumnya, segerombolan orang Eropa datang ke Poveglia untuk bersembunyi. Pulau ini merupakan pulau yang strategis dan aman bagi orang yang ingin lari dari Jerman dan gerombolan Barbar Hun.

Kisah ini berawal dari tahun 1576 saat Italia diserang wabah penyakit Pes yang belum ditemukan obatnya. Penyakit tersebut diberi julukan “Black Plague”. Adanya penyakit Pes ini membuat para penghuninya menjadi panik karena merenggut banyak nyawa.

Fakta Pulau Poveglia. Foto: Grid
Fakta Pulau Poveglia. Foto: Grid

Akhirnya, merekapun membawa mayat-mayat menuju pulau Poveglia yang terletak di antara Venezia dan Lido di Lagoon Venezia. Di pulau tersebut, mayat-mayat dibakar dan ada yang membuat lubang-lubang atau membuang mayat begitu saja.

Diketahui bahwa lebih dari 160 ribu orang diduga dibuang ke pulau ini selama wabah penyakit melanda Eropa. Berdasarkan jumlah ini, beberapa ada yang sudah tewas dan yang lainnya hanya tinggal menunggu ajal.

Banyaknya penderita Pes, maka diberlakukan hukum yang mewajibkan membuang penderita ke pulau Poveglia. Hukum ini berjalan ketika penyakit Pes sudah menyebar. Mereka tidak peduli para penderitanya termasuk bayi, anak-anak, ataupun orangtua.

Jika mereka ada yang terindikasi penyakit Pes, maka penderitanya segera diasingkan di pulau Poveglia dan dibiarkan meninggal.

Pulau Povegli. Foto: Diadona
Pulau Povegli. Foto: Diadona

Tidak hanya hukum, pulau Poveglia pernah membangun rumah sakit jiwa pada tahun 1922, di mana beredar cerita bahwa pemilik rumah sakit itu adalah dokter gila dan jahat. Dokter itu menggunakan pasiennya untuk bahan eksperimen dengan menggunakan peralatan bor atau palu untuk melihat otak manusia.

Sejak saat itu, pulau Poveglia ditutup untuk publik. Beberapa kali pemerintah Italia ingin mengubah imej dari pulau ini dan mengirim beberapa penduduk untuk bermukim disana.

Namun, pada akhirnya semua orang yang dikirim mengakui tidak tahan dengan pulau Poveglia karena sering mendengar jeritan dan melihat penampakan. Sampai saat ini, pulau Poveglia hanya dijadikan kawasan ternak dan tidak ada yang boleh memasuki kawasan pulau Poveglia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close