Hobi

Ferrari 360 Modena mobil yang tak layak disebut supercar, simak alasannya

Nama besar Ferrari tak lepas dari jajaran produk mobil dengan mesin gahar yang lazim dikatakan sebagai supercar karena memiliki tenaga yang buas. Namun banyaknya penggemar Ferrari membuat salah satu diantara pemiliknya melakukan modifikasi yang membuat mobil ini tak layak disebut supercar.

Salah satunya sultan asal Australia yang membeli Ferrari 360 Modena dan di ubah menjadi tunggangan yang mewah. Bodi Ferrari yang baru dibelinya dibelah menjadi dua dan di modifikasi dengan tambahan bodi yang di custom agar panjang.

Pemilik seperti dikutip dari Carscoops mengungkap ubahan atau modifikasi yang dilakukannya merupakan langkah sensasi untuk memiliki mobil supercar yang buas namun menunjang kemewahan di dalam kabin yang dibutuhkan.

Ferrari 360 Modena
Ferrari 360 Modena Foto: Carscoops

Melakukan ubahan Ferrari 360 Modena, terbilang tak mudah, mengingat produsen Maranello mengembangkan supercar ini menggunakan sasis alumunium dan bodi yang juga dibuat dari alumunium. Modifikasi dengan bahan tersebut terbilang cukup sulit, khususnya penyambung bodi dan sasis.

Dari ubahan yang terlihat, pemilik membuat atap yang disesuaikan dengan rangka yang panjang. Model pintu belakang untuk akses keluar masuk penumpang menggunakan konsep gullwing dimana pintu membuka ke atas.

Baca juga: Aneh, Honda patenkan super cab tanpa mesin diklaim motor masa depan

Bahan pembuatan pintu itu sendiri menggunakan material bahan fiberglass untuk mendukung penggunaan material alluminium yang menjadi bahan dasar dari Ferrari 360 Modena. Secara keseluruhan bahan yang digunakan diambil dari fiberglass yang ringan.

Ferrari 360 Modena
Ferrari 360 Modena Foto: Carscoops

Dimensi super panjang

Tak seperti model asli pabrikan Ferrari 360 Modena yang hanya mengakomodir kapasitas 2 penumpang dengan tambahan bangku bagian belakang yang tentu tak ideal. Kini versi modifikasinya, Ferrari 360 Modena Limousine mampu menampung kapasitas hingga delapan penumpang.

Konfigurasi jok ditempatkan di sisi pinggir bodi dengan model memanjang sedangkan bagian belakang terdapat dua bangku yang bisa mengakomodir penumpang utama. Layaknya kemewahan limousine, kabin juga menawarkan beberapa fasilitas utamanya.

Dalam kabin seluruh penumpang dimanjakan dengan dua unit tv berukuran besar yang didukung system audio pilihan untuk menghasilkan suara terbaik. Tak hanya itu, dalam perjalanan seluruh penumpang bisa menikmati berbagai minuman yang disediakan melalui mini bar.

Ferrari 360 Modena
Ferrari 360 Modena Foto: Wiki

Sektor pacu

Modifikasi yang telah dilakukan dengan dimensi yang cukup panjang, sayangnya tak merambah ke sector pacu. Tenaga mesin supercar tersebut dibiarkan pemiliknya tanpa ubahan. Dimana tenaga besar mesin harus menopang dimensi dan bobot baru.

Ferrari 360 Modenna dibekali mesin berkapasitas 3,6 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 360 hp. Tenaga yang cukup besar disalurkan melalui transmisi yang telah mengalami ubahan milik Subaru Liberty GT.

Tak lagi Layak menyandang Supercar

Dengan ubahan modifikasi yang telah dilakukan, modifikasi Ferrari 360 modena dengan model limousine dinilai menggugurkan statusnya yang dikenal sebagai supercar. Versi modifikasi ini tak lagi menjadi model yang layak lagi disebut supercar karena telah memiliki bodi yang panjang.

Sayangnya pemilik yang telah mengeluarkan biaya cukup mahal untuk memodifiksai supercarnya ini menjual mobilnya dengan harga mencapari 399.999 dollar Australia atau setara dengan Rp4,1 miliar.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close