Hobi

Finja 500 saingan Ninja ZX-10R, tampang gahar harga Rp28 juta

Banyak mengembangan motor sport membuat Kawasaki cukup terkenal, bahkan salah satu model tunggangan sportnya mendapat model tiruan finja 500.

Tiruan motor sport ini dikenal dengan nama merek Finja 500 yang memiliki tampang mirip dengan Kawasaki Ninja ZX-10R. Disebut memiliki kemiripan, motor racikan China satu ini terlihat desain lampu depannya sama dengan tampilan produk asal Jepang.

Baca juga: Berawal dari mobil, industri otomotif Tiongkok mulai kloning motor

Tak hanya itu, motor ini juga memiliki kemiripan di bagian lampu rem belakang, bahkan bagi awam, kemiripan ini bisa dikatakan motor seperti Ninja ZX-10R. Kesamaan lain tak hanya pada sektor lampu saja.

Finja 500 pesaing Ninja ZX-10R
Finja 500 pesaing Ninja ZX-10R Foto: Motosaigon

Meski menyerupai dengan tingkat kemiripan sekira 80 persen, satu bagian yang menjadi pembeda dari model motor sport China ini, penggunaan lampu proyektor dimana, Kawasaki ZX-10R tidak menggunakan system pencahayaan tersebut.

Produsen motor yang meluncurkan Finja juga membuat fairing bagian depan tampak menyerupai dengan motor kapasitas 1.000 cc milik Kawasaki. Beberapa ornament mulai dari warna bodi dan striping dibuat dengan kemiripan meski secara detil terdapat perbedaan.

Spesifikasi

Meski sektor mesin tak cukup mencolok karena tertutup fairing, jika dibandingkan di atas aspal, Finja 500 dengan ZX-10R tentu tak akan sepadan, karena motor racikan Tiongkok hanya dibekali dengan mesin dua silinder kapasitas 500 cc.

Suspensi Finja 500 pesaing Ninja ZX-10R
Suspensi Finja 500 pesaing Ninja ZX-10R Foto: Motosaigon

 Meski demikian beberapa spesifikasi lain terbilang cukup mumpuni yang dimiliki Finja 500 diantaranya suspensi depan menggunakan upside down dan system pengereman telah berteknologi ABS.

Dengan teknologi yang cukup mumpuni dan mesin setengah dari kapasitas kubikasi Kawasaki ZX-10R, Finja 500 ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Jika dikalkulasikan dari harga yang dikutip dari Motosaigon, maka motor ini jika dirupiahkan hanya berbanderol sekira Rp28 juta.

Lampu belakang Finja 500 mirip ZX-10R
Lampu belakang Finja 500 mirip ZX-10R Foto: Motosaigon

Finja bukan satu-satunya motor kloningan

Finja 500 bukan satu-satunya sepeda motor sport yang menjadi target kloningan oleh produsen otomotif di China. Bahkan sebelumnya produsen mobil sudah banyak mengalami kondisi yang sama dimana beberapa model mobilnya diproduksi dengan desain yang sama di China.

MotoS450RR pesaing BMW 1000RR
MotoS450RR Foto: Motosaigon

Di industry motor sendiri, BMW juga pernah mengalami kondisi kloningan dari produk sepeda motornya. Produsen sepeda motor Tiongkok mengkloning model BMW S1000RR yang menjadi masterpiece dari produsen BMW yang juga model untuk tunggangan superbike. Motor produksi China ini memiliki nama Moto S450RR.

Kemiripan sangat kentara, bahkan jika dilihat seksama, awam akan banyak yang mengira jika motor sport racikan China ini merupakan S1000RR milik BMW, karena memiliki tongkrongan, desain hingga tampilan warna dan striping yang tak jauh berbeda.

MotoS450RR memiliki beberapa kemiripan yang sama persis dengan S1000RR mulai dari penggunaan lampu depan sipit, desain fairing. Kemiripan lain diperkuat dengan adanya striping dengan warna biru dan merah dominasi putih yang menjadi warna dasar pada bodi sepeda motor.

Mesin pada Moto S450RR, hanya mengandalkan mesin dua silinder segaris yang memiliki kapasitas 450 Cc. Dari mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 24 dk pada putaran 6500 rpm.

Konsumen hanya cukup mengeluarkan uang tak lebih dari Rp31 juta saja. Harga ini tentu jauh dibanding motor sport kapasitas mesin 150 Cc yang banyak dipasarkan di tanah air saaat ini.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close