Bibir kering saat puasa Ramadhan, bolehkah pakai lipbalm? Ini penjelasan Buya Yahya

- Minggu, 19 Maret 2023 | 14:21 WIB
 Bagaimana caranya menggunakan lipbalm untuk bibir kering selama puasa Ramadhan? Begini penjelasan Buya Yahya! (pexels/Burst)
Bagaimana caranya menggunakan lipbalm untuk bibir kering selama puasa Ramadhan? Begini penjelasan Buya Yahya! (pexels/Burst)

Hops.ID - Bulan yang dinanti umat Islam adalah Ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini amat ditunggu kebahadirannya karena banyak pahala yang bisa diambil. Salah satu kewajiban seorang muslim selama bulan Ramadhan adalah puasa.

Ketika menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari, kita tidak diperkenankan untuk makan maupun minum. Selain itu, ada hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa. Jika tidak mendapatkan asupan dan air yang cukup, maka tubuh bisa dehidrasi.

Salah satu tanda dehidrasi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini terjadi jika kita tidak mendapatkan asupan air putih secara cukup selama durasi berbuka hingga sahur.

Baca Juga: Lagi! Raffi Ahmad dituding miliki hubungan spesial dengan Mimi Bayuh usai kepergok begini saat di Jepang

Selama puasa Ramadhan, kita tidak diperkenankan untuk menelan apapun ke dalam mulut. Lalu bagaimana jika menggunakan lipbalm untuk mengatasi bibir kering?

Buya Yahya dilansir Hops.id pada 19 Maret 2023 melalui kanal Youtubenya menjelaskan terkait penggunaan lip balm untuk mengatasi bibir kering.

Beliau membuka dengan kisah di tanah Arab bahwa pada zaman Rasulullah, wilayah yang sangat dingin pada musim dingin membuat bibir kering hingga pecah. bibir kering jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan pecah-pecah hingga berdarah.

Baca Juga: Dewi Hughes bagikan 4 rekomendasi menu sahur bikin langsing bebas repot cocok untuk pejuang diet

Oleh karena itu, warga Arab pada zaman dahulu biasa mengoleskan minyak atau olesan di bibir agar mencegah hal tersebut. Lantas bagaimana jika puasa Ramadhan? Apakah masih boleh?

Buya Yahya menjelaskan tidak apa-apa mengoleskan minyak, lipbalm atau sejenisnya asalkan jangan sampai tertelan. Meski dalam kondisi normal, jika untuk merawat tubuh, hal tersebut diperbolehkan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai lipbalm tertelan. Jika terasa masuk ke dalam mulut, segera keluarkan dengan meludah.

Baca Juga: 7 Tahun pacaran, Alshad Ahmad ungkap alasan putus dari Nissa Asyifa mantan pacar yang viral usai melahirkan

Jika tidak dikeluarkan dan sengaja tertelan, maka puasa kita di hari itu batal, sehingga kita perlu mengqada atau mengganti puasa di lain hari.

Meskipun berpuasa, kita tetap harus menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Kekurangan air selain membuat bibir kering dan pecah-pecah juga menyebabkan tubuh yang lemas dan tidak bertenaga.

Halaman:

Editor: Reynette Fausto Fabiani

Sumber: YouTube Buya Yahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini