6 Cara mengatasi paparan gas air mata, baking soda efektif?

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 12:20 WIB
Ilustrasi gas air mata Foto: Shutterstock
Ilustrasi gas air mata Foto: Shutterstock


Gas air mata bekerja dengan meradangkan membran mukosa yang terdapat di hidung, mulut, mata, serta paru-paru. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan bernafas, batuk-batuk, perih pada mata, hingga kebutaan sementara. Lantas, bagaimana cara mengatasi efek dari gas air mata?





Baca Juga: Obat covid-19 impor dari India resmi dijual di Indonesia, berapa harganya?





Jauhi kepulan gas





Dilansir dari laman Physician for Human Rights, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjauhi area kepulan gas. Usahakan juga agar bagian mulut dan hidung selalu tertutup rapat. Kemudian, carilah pijakan yang lebih tinggi dari area sekitar. Mengapa? karena konsentrasi kepulan gas semakin tingi di bagian dasar tanah.





Atur nafas





Jangan panik dan atur nafasmu agar tetap stabil. Usahakan untuk tetap berjalan dan tidak berlari. Mengapa? karena berlari dapat membuat nafas menjadi lebih berat dan tidak teratur, sehingga paru-parumu akan semakin banyak menyerap kandungan gas.





-
Buruh menggelar aksi di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Foto: Antara




Sediakan air





Jangan lupa untuk selalu membawa air. Bukan hanya untuk minum, tetapi juga untuk mengatasi dampak dari gas air mata. Jika mata terkena gas, segera lepas kaca mata ataupun kontak lensa yang digunakan. Kemudian, alirilah mata dengan air selama 10--15 menit. Jangan sentuh area mata, hidung, maupun mulut dengan tangan.

Halaman:

Editor: Nariyati - Hops.ID

Tags

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB