Yuk kenalan dengan Joy of Missing Out, si ketinggalan zaman...

- Minggu, 11 Juli 2021 | 16:02 WIB
Ilustrasi Joy of Missing Out (JoMO). Foto: Qrius
Ilustrasi Joy of Missing Out (JoMO). Foto: Qrius


Teknologi di dunia semakin canggih dengan perkembangan waktu yang begitu cepat. Salah satu teknologi yang kian berkembang adalah penggunaan media sosial sebagai akses untuk mencari suatu informasi, komunikasi, atau bahkan sebagai media hiburan.





Media sosial dapat membuat hati menjadi senang dan merasa asik ketika scrolling beranda. Namun, ketika kita terlalu asyik bahkan sampai lupa waktu, akhirnya kita akan mengalami fenomena yang disebut dengan fear of missing out (FoMO).





Hasil penelitian Wegmann (2017) mengungkapkan bahwa, FoMO membuat individu merasa takut ketinggalan dengan perkembangan teknologi, sehingga ia melewatkan banyak hal yang menarik dalam dunia nyata.





Meski terkesan sepele, FOMO bisa berdampak pada kesehatan mental dan perlu diwaspadai. Dampaknya seperti menimbulkan perasaan negatif, meningkatkan risiko terjadinya masalah psikologis, menurunkan rasa percaya diri, serta mengganggu produktivitas.





-
Ilustrasi FoMO dan JoMO. Foto: Youth Time Magazine




Tetapi, berbeda halnya dengan kamu yang merasa ketinggalan zaman. Sebab, jika kamu merasa ketinggalan zaman dengan teman-teman kamu, maka ini dinamakan dengan Joy of Missing Out atau JoMO.

Halaman:

Editor: Nabilah Edyta - HopsID

Tags

Terkini

4 Cara menghadapi silent treatment yang ampuh

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:20 WIB

Gejala kanker kulit dan penyebabnya

Minggu, 15 Mei 2022 | 18:45 WIB

Manfaat renang untuk kesehatan bayi dan balita

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:30 WIB