Sesak napas karena Covid-19? Coba latihan pernapasan ini..

- Kamis, 29 Juli 2021 | 21:17 WIB
Latihan Pernapasan. Foto: RSUP Persahabatan
Latihan Pernapasan. Foto: RSUP Persahabatan


Seiring dengan masih penuhnya rumah sakit karena lonjakan kasus Covid-19, menyebabkan pasien yang positif virus corona memilih melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun tak jarang selama menjalani isoman, banyak pasien mengalami sesak napas. Hal ini bisa diatasi dengan latihan pernapasan yang tepat.





Tata cara latihan pernapasan bisa dilakukan oleh pasien Covid-19, baik yang dirawat di bangsal rumah sakit ataupun isolasi mandiri di rumah. Ketua KSM Rehabilitasi Medik RSUP Persahabatan dr. Siti Chandra Widjanantie, SpKFR(K) membagikan tata cara latihan pernapasan tersebut.





Salah satu gejala umum yang dirasakan oleh pasien Covid-19 adalah sesak napas karena kurangnya oksigen. Latihan pernapasan ini dipercaya dapat meningkatkan level oksigen dalam tubuh.





“Saya akan memberikan latihan pernapasan yang mudah diaplikasikan untuk pasien Covid-19 dalam perawatan di bangsal maupun isolasi mandiri di rumah,” ujar dr. Siti dilansir dari Antara, Kamis (29/7/2021).





Mengutip kanal YouTube RSUP Persahabatan, ada lima latihan pernapasan yang bisa dipraktekkan oleh pasien COVID-19 baik di rumah maupun di bangsal.

Halaman:

Editor: Bhakti Hariani - HopsID

Tags

Terkini

X