Peneliti temukan penyebab pasien covid-19 bisa alami keparahan berujung kematian

- Minggu, 7 November 2021 | 17:27 WIB
Ilustrasi tes PCR Covid-19. Foto: Antara

Penyebab pasien covid-19 alami keparahan.

Selama ini keparahan pada pasien covid-19 yang mengakibatkan kematian masih menjadi rahasia. Namun baru-baru ini Ilmuwan Oxford berhasil mengidentifikasi gen yang didugua mampu meningkatkan risiko gagal paru-paru serta risiko kematian hingga dua kali lipat akibat infeksi Covid-19.

Temuan itu kemungkin dapat menjelaskan penyebab beberapa orang lebih rentan alami kondisi buruk saat terinfeksi virus corona. Selain itu diharapkan pula nantinya penemuan itu juga dapat mengarah pada pengembangan perawatan dan obat-obatan bertarget.

"Kami menemukan bahwa peningkatan risiko bukan karena perbedaan pengkodean gen untuk protein, tetapi karena perbedaan DNA yang jadi pemicu menghidupkan gen. Jauh lebih sulit untuk mendeteksi gen yang dipengaruhi oleh efek peralihan tidak langsung semacam ini," kata Jim Hughes, profesor regulasi gen dan co-lead dalam penelitian tersebut, dikutip dari Suara.

Lebih lanjut, disebutkan pula bahwa sekitar 60 persen orang keturunan Asia Selatan membawa varian berisiko tinggi, kata para peneliti.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini - Hops.ID