Gejala kolesterol tinggi ternyata bisa dikenali dengan cara sederhana, hanya deteksi lewat mata

- Selasa, 11 Januari 2022 | 06:40 WIB
Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Amanda Dalbjorn
Ilustrasi mata. Foto: Unsplash/Amanda Dalbjorn


Hops.ID - Salah satu kondisi mengkhawatirkan adalah jika kadar kolesterol seseorNg tinggi. Hal itu lantaran kolesterol tinggi bisa jadi jalan untuk berbagai penyakit.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini bisa memicu masalah sistem saraf, pencernaan, jantung, kesuburan, hingga stroke.

Karena itu penting sekali mengecek kadar kolesterol dalam tubuh secara berkala. Ada beberapa cara untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Malam sebelum meninggal Rony Dozer nekat makan nasi padang saat kolesterol tinggi, ini bahayanya

Umumnya tes dilakukan dengan tes darah. Namun siapa sangka tanda-tanda kolesterol dapat muncul di permukaan wajah sehingga bisa dikenali lebih dini.

Dilansir laman Healthline Selasa 11 Januari 2022, dokter Gary Bartlett mengungkapkan, setidaknya ada dua tanda spesifik kolesterol tinggi yang bisa dilihat sambil bercermin, yaitu xanthelasma dan arkus kornea.

Menurut Bartlett, xanthelasma adalah plak kekuningan akibat gumpalan lemak yang muncul di area kelopak mata. Sementara arkus kornea adalah kondisi yang ditandai dengan adanya semacam cincin berwarna putih, abu-abu muda, atau biru di sekeliling lingkaran mata yang berwarna.

Baca Juga: Profil dan biodata aktor Thailand Bright Vachirawit, nama asli hingga pendidikan

tes kolesterol (HOPS.ID)

Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi

Cara mengurangi kadar kolesterol yang utama adalah mengubah gaya hidup terutama pola makan. Seperti dilansir laman Express, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NH) menyarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat, lebih banyak beraktivitas fisik, juga minum obat yang disarankan oleh dokter.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: healthline.com, express.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini