Jangan salah kaprah! Ini bedanya Intoleransi Laktosa dengan alergi susu sapi

- Kamis, 13 Januari 2022 | 16:09 WIB
Susu intoleransi laktosa alergi susu (HOPS.ID)
Susu intoleransi laktosa alergi susu (HOPS.ID)

Hops.ID - Pernahkah kamu minum susu lalu merasakan mual dan diare? Jika Iya artinya kamu mengalami Lactose Intolerant atau Intoleransi Laktosa. Kondisi ini terjadi lantaran pencernaan tidak bisa memecah zat laktosa dalam susu untuk dicerna tubuh.

Faktanya 90 hingga 100 persen orang Asia Tenggara mengalami Intoleransi Laktosa. Begitu juga masyarakat Indonesia. Di sisi lain, edukasi soal intoleransi laktosa juga minim bagi sebagian orang.

Banyak yang sering tertukar mengartikan intoleransi laktosa dengan alergi susu. Hal itu diungkapkan oleh Pakar Gizi Klinis dr Arif Sabda Aji. Ia mengatakan banyak orag yang sering salah mengartikan kondisi Intoleransi Laktosa dengan alergi susu.

Baca Juga: Demi hasilkan susu lebih banyak, sapi di Turki dipaksa pakai kacamata VR

"Beda alergi susu dan intoleransi laktosa. Bisa dibedakan dari response tubuh kita setelah mengonsumsi susu," ujarnya dalam webinar #BeraniMinumSusu bersama Milk Life Bebas laktosa pada Kamis 13 Januari 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan jika intoleransi laktosa tubuh tidak mampu mencerna laktosa, sehingga pencernaannya menolak hal itu memicu saluran pencernaan kontraksi dan memicu diare. "Minum susu sedikit perut nggak nyaman bisa diare," ujarnya.

Di sisi lain alergi susu ditunjukkan karena respons imun yang berlebihan. "Biasanya gatal-gatal merah. Ini biasa dialami anak-anak bayi dan balita karena imunnya masih berkembang," katanya.

Susu Milk Life (HOPS.ID)

Baca Juga: Unik! Ditengah pandemi COVID-19, Rani si sapi kecil berhasil curi perhatian

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Hops.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X