Pentingnya susu bebas laktosa penuhi nutrisi penderita lactose intolerance

- Senin, 24 Januari 2022 | 20:54 WIB
Intoleransi laktosa (HOPS.ID)
Intoleransi laktosa (HOPS.ID)

Hops.ID - Susu sapi merupakan salah satu sumber gizi yang banyak dikonsumsi. Meski demikian siapa sangka ada orang-orang yang tak bisa mengonsumsinya karena alasan kesehatan. Bagi sebagian orang bahkan mengonsumsi susu sapi bisa menimbulkan reaksi tertentu pada tubuh misalnya kembung, diare hingga gatal-gatal.

Itulah yang dirasakan Fani, wanita 25 tahun ini sudah meninggalkan produk susu sejak usianya 15 tahun. Sepanjang mengingat sejak kecil dirinya jarang mengonsumsi susu sapi lantaran sering diare dan hingga sakit perut. Di usia 15 tahun ia sempat dilarikan ke RS lantaran es krim yang ia konsumsi.

"Mama taunya dulu aku alergi susu tapi nggak parah. Nah pas SMP itu tiba-tiba perut aku sakit banget abis makan es krim," ujarnya kepada HOPS Senin 17 Januari 2022.

Sejak itu ia tahu mengalami intoleransi laktosa. Belakangan ia tahu adiknya yang berusia 7 tahun juga mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Jangan salah kaprah! Ini bedanya Intoleransi Laktosa dengan alergi susu sapi

"Padahal dulu seinget aku dari kecil makan es krim baik-baik aja, tiba-tiba pas SMP langsung sakit. Sejak itu mulai nggak minum susu."

Fani mengaku awalnya ia merasa tersiksa tidak bisa mengonsumsi berbagai produk susu dan turunannya, namun kini dirinya mengaku terbiasa.

"Sejak itu kalau mau makan apa-apa pasti lihat dulu bahan bakunya ada susunya nggak, kue biskuit, tart, keju, apapun aku hindari dari pada sakit."

Intoleransi laktosa

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: WebMD, Food and Agriculture Organization

Tags

Artikel Terkait

Terkini