Benarkah nanas bisa cegah kehamilan? Ternyata begini fakta sebenarnya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:45 WIB
Buah nanas (freepik/dashu83)
Buah nanas (freepik/dashu83)

Hops.ID - Berkembang di masyarakat bahwa nanas bisa cegah kehamilan, lantas benarkah anggapan tersebut atau hanya mitos belaka.

Sebagaimana diketahui, kehamilan dan juga kesehatan reproduksi masih kerap menjadi bahasan yang tabu di masyarakat, makanya masih banyak banget mitos yang beredar.

Padahal, dengan mengetahui fakta sebenarnya, akan lebih bermanfaat bagi banyak orang terutama perempuan. Salah satu mitos yang masih kerap meliputi ialah perihal nanas yang bisa mencegah kehamilan.

Baca Juga: Nakes penyuntik vaksin kosong di Medan buka suara: Saya...

Ilustrasi hamil. Foto: Pixabay

Sebagaimana mengutip jaringan Hops.ID (Suara), Dokter Spesialis Kandungan Konsultan Uroginekologi Rekonstruksi, dr. Surahman Hakim Sp.OG (K), MPH mengatakan, sebagai orang yang memiliki pendidikan, mesti mencari tahu dulu sumber dan ilmu yang benar.

“Kita perlu cek apakah mitos itu benar atau tidak. Mungkin mitos ini terjadi karena suatu latar budaya tertentu,” ungkapnya dalam acara Webinar SETARA: Standing Up Against Sexual Harassment, pada Sabtu, 22 Januari 2022.

“Sebenarnya kita sudah tahu bahwa ternyata mitos itu tidak benar. Seperti mitos makan nanas misalnya, itu tidak hilang-hilang. Jadi, kita perlu menyampaikan agar si remaja aware terhadap hal-hal seperti ini,” ungkap dr. Surahman lebih lanjut.

Baca Juga: Terbaring hingga tunjukkan hasil rontgen, DJ Katty Butterfly sakit sampai minta doa

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terlambat menstruasi? Waspada 3 gejala PCOS

Rabu, 18 Mei 2022 | 21:00 WIB

4 Cara menghadapi silent treatment yang ampuh

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:20 WIB