Ternyata ada peran dokter muslim di balik transplantasi jantung babi ke manusia: Tuai kontroversi

- Selasa, 25 Januari 2022 | 16:48 WIB
Dokter Muslim Mohiuddin
Dokter Muslim Mohiuddin

Hops.ID - Baru-baru ini teknologi transplantasi jantung babi ke manusia menghebohkan publik. Pasalnya prosedur ini terbilang baru.

Namun nyatanya tidak dengan dunia kedokteran. Sejak lama dunia medis meneliti bahwa jantung babi adalah struktur organ yang paling mirip dengan manusia.

Kasus yang mencuat di Inggris itu menyebut salah seorang pasien mau menerima transplantasi jantung babi lantaran tidak bisa terlalu lama menunggu mendapatkan donor jantung manusia.

Baca Juga: Sudah pisah dengan Aher? Elly Sugigi: Sedang belajar melepaskan apa yang bukan milik kita

Kabar lain yang tak kalah mengejutkan, ternyata ada peran dokter muslim yang membantu mensukseskan transplantasi jantung manusia dan babi.

Hal itu tentu menuai kontroversi lantaran terkait ajaran agama islam yang melarang menggunakan babi dalam bentuk apapun.

Dokter Muhammad M. Mohiuddin, dokter asal Pakistan yang beragama Islam, adalah salah satu tokoh yang mendirikan program yang sukses melakukan transplantasi ini.

Baca Juga: Ini tampang pengeroyok lansia 89 tahun yang diteriaki maling tapi salah sasaran

Ada cendekiawan yang menilai prosedur yang menggunakan babi ini 'tidak dibolehkan bagi muslim,' ada juga yang katakan tidak ada larangannya di hukum Sharia.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: VOA

Tags

Artikel Terkait

Terkini