Gejala serius kekurangan vitamin D di masa pandemi, sering alami kondisi ini saat bangun tidur

- Kamis, 10 Februari 2022 | 10:01 WIB
Suplemen vitamin D berbentuk cairan di dalam kapsul. (Foto: Unsplash/Leohoho)
Suplemen vitamin D berbentuk cairan di dalam kapsul. (Foto: Unsplash/Leohoho)

Hops.ID - Masa pandemi Covid-19 hingga kini masih belum usai. Berdiam diri di dalam rumah dalam waktu yang panjang mampu memicu munculnya gejala kekurangan vitamin D. Hal itu akibat kurang mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari.

Menurut penuturan dari lembaga Pelayanan Kesehatan Nasional di Inggris, setidaknya kamu wajib memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebanyak 10 mikrogram. Agar kesehatan otot dan kepadatan tulang tetap terjaga walaupun seharian penuh berada di ruangan tertutup.       

Gejala serius kekurangan vitamin D saat bangun tidur

Kamu tidak harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui, apakah kadar vitamin D di dalam tubuh kurang memadai. Cukup dengan memperhatikan kondisi tubuh ketika bangun tidur.

Berdasarkan pernyataan dari seorang Terapis Nutrisi bernama Serena Coan, ada beberapa gejala yang akan kamu rasakan ketika tubuh kekurangan vitamin D.

Baca Juga: Rumah tangganya dikabarkan retak, Ridho DA pamer foto mesra bareng istri: We're good

Dikutip dari Isu Bogor.com, jaringan Pikiran Rakyat dalam artikel Kekurangan Vitamin D, Kenali Tanda Ini saat Bangun Tidur pada Kamis, 10 Februari 2022 ada sederet gejala yang bisa dikenali. 

Mulai dari mengalami pilek, kerontokan rambut, waktu tidur sudah cukup namun badan tetap merasa kelelahan, dan saat tubuh terluka masa penyembuhannya berlangsung lama.

Gejala yang lebih serius untuk jangka panjang akibat kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada tulang, otot, serta persendian di tubuh. Karena kalsium tidak terserap sempurna oleh tulang.  

Solusi pengobatan penyakit kekurangan vitamin D

Apabila kamu rentan terhadap risiko kekurangan vitamin D, ada baiknya melakukan serentetan diet sehat dan juga mengonsumsi suplemen vitamin D. Tapi, jangan berlebihan!

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Isubogor.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB