Awas! Kebiasan menggigit kuku ternyata tidak baik bagi kesehatan, ini risikonya

- Selasa, 15 Februari 2022 | 11:55 WIB
Ilustrasi menggigit kuku  (Foto: Pinterest/nailartgear)
Ilustrasi menggigit kuku (Foto: Pinterest/nailartgear)

Hops.ID – Onychophagia merupakan istilah dari kebiasaan menggigit kuku. Sekitar setengah dari pra-remaja serta remaja menggigit kukunya tanpa alasan.

Ahli kesehatan dari University of Michigan, Amerika Serikat menuturkan bahwa kebiasaan ini perlahan hilang jika sudah memasuki usia 30 tahun ke atas. Sekadar menggigit kuku bagi kebanyakan orang mungkin tidak ada dampak berbahaya, namun ternyata hal ini menjadi masalah serius karena akan menimbulkan penyakit.

Melansir dari The Healthy, para ahli kesehatan menuturkan bahwa Onychophagia sendiri dapat disebabkan oleh stress, kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif, atau karena bosan dan gelisah.

Kebiasaan menggigit kuku ternyata dapat mengundang bakteri, virus atau jamur yang masuk ke dalam tubuh dan aliran darah, serta risiko paling berbahaya adalah berpeluang terkena infeksi parah, termasuk virus COVID-19.

Baca Juga: Tidak banyak yang tahu! 5 artis ini ternyata mantan atlet profesional: Dari judo hingga pencak silat

Purvi Parikh, seorang ahli imunologi dewasa dan anak serta ahli alergi di NYU Langone Health di New York, Amerika Serikat menuturkan bahwa kebiasaan Onychophagia di saat seperti ini sangat tidak disarankan karena virus dapat hidup di permukaan kulit dan kuku.

Seringkali orang-orang menggaruk wajah dengan kuku atau menyentuh permukaan benda hingga makanan. Maka dari itu, hal ini akan sangat berisiko karena peluang untuk bakteri dan virus masuk ke tubuh lebih besar. 

Purvi memberi saran agar agar kuku jangan dibiarkan panjang karena idealnya kuku itu dibuat pendek dan yang lebih penting harus sering cuci tangan.

“Menjaga kuku tetap pendek adalah pencegahan terbaik agar anda tidak tergoda untuk menggigitnya. Beberapa orang yang sering menggigit kuku melaporkan bahwa mereka memberi kutek atau cat demi mencegah gigit kuku karena rasanya akan sangat tidak enak,” ujar Purvi.

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: The Healthy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB

Inilah 7 gaya yoga yang bisa segarkan tubuh di pagi hari

Sabtu, 24 September 2022 | 12:18 WIB