8 Makanan fermentasi untuk program diet, nomor 2 paling murah biasa disebut makanan receh

- Minggu, 20 Februari 2022 | 07:12 WIB
Ilustrasi diet
Ilustrasi diet

 Hops.ID – Fermentasi merupakan sebuah proses di mana bakteri dan ragi menghancurkan dan menguraikan gula. Proses fermentasi memiliki beberapa manfaat, yaitu mengawetkan makanan dan proses fermentasi juga dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan – probiotik untuk usus.

Melansir dari Healthline, berdasarkan berbagai penelitian, probiotik dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk pencernaan yang lebih baik, kekebalan tubuh yang lebih baik, serta berguna untuk menurunkan berat badan.

Meskipun belum ada pedoman resmi mengenai seberapa sering untuk mengkonsumsi makanan dan minuman fermentasi, satu atau dua produk per hari bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mendapatkan probiotik melalui makanan dan minuman fermentasi utuh merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan sekaligus mengurangi efek samping, seperti masalah pencernaan.

Baca Juga: Bulan depan harga tahu-tempe naik, Sandiaga: Kasihan Marc Marquez!

Berikut makanan dan minuman fermentasi dari seluruh dunia yang bagus untuk kesehatan, yaitu:

1. Kefir

Kefir merupakan susu fermentasi yang berasal dari wilayah Kaukasus Utara, Rusia. Kefir merupakan campuran dari susu serta biji kefir, dari proses ini menghasilkan minuman kental dan tajam serta rasanya sering dibandingkan dengan yogurt. Kefir mengandung sedikit laktosa (gula susu) dibandingkan dengan susu. Ketika biji kefir dan susu dicampur dan diolah, bakteri dalam biji-bijian membantu fermentasi dan memecah laktosa dalam susu.

Melalui berbagai macam penelitian, kefir memiliki sejumlah manfaat kesehatan, antara lain membantu kesehatan pencernaan pada orang yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa, lalu membantu menurunkan peradangan yang berkaitan dengan penyakit kronis seperti jantung dan kanker saat mengkonsumsi 200 ml kefir dalam enam minggu, serta membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang pada penderita osteoporosis.

Tempe (Hops.ID)

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini