Melihat orang yang matanya merah bisa tertular sakit mata, mitos atau Fakta?

- Selasa, 1 Maret 2022 | 18:10 WIB
Ilustrasi mata merah (sumber: suara.com)
Ilustrasi mata merah (sumber: suara.com)
 
 
Hops.ID - Beredar di kalangan masyarakat bahwa melihat mata merah seseorang yang sedang sakit mata bisa menular.
 
Lantas benarkah melihat orang yang matanya merah bisa tertular sakit mata?
 
Hampir sebagian besar dari kita pernah mengalami yang namanya sakit mata. Salah satu cirinya, mata tampak memerah dan terasa tidak nyaman. 
 
 
Selain itu, biasanya membuat mata penderitanya mata terasa lengket dan susah dibuka. Kondisi ini disebut banyak orang sebagai belekan. 
 
Nah, saat kita berpapasan dengan orang yang sedang sakit mata dan matanya memerah, kita pasti sering mendengar anjuran untuk tidak bertatapan langsung dengan mereka. 
 
Sebagian besar kita percaya bahwa bertatapan langsung dengan orang yang sakit mata bisa menularkan sakit matanya ke diri kita. 
 
 
Selain itu biasanya orang yang sedang sakit mata diminta untuk menggunakan kacamata, meskipun dia tidak minus dan matanya normal. Tujuannya katanya agar tidak menularkan sakit matanya itu. 

Apakah benar tatapan mata dengan orang yang sakit mata bisa menular?

Lalu, apakah benar tatapan mata dengan orang yang sakit mata itu bisa menular ke kita? 
 
Ternyata selama ini anggapan bahwa dengan melihat orang yang matanya merah kira bisa langsung tertular, itu salah besar. 
 
Penyebab sakit mata itu bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur, atau bisa juga kemasukan benda asing. 
 
 
Selain itu, penyakit mata yang disebabkan oleh beberapa penyebab tadi tidak menular melalui tatapan mata, tapi melalui kontak fisik dengan penderita. 
 
"Penyakit mata yang bisa menular kalau disebabkan oleh infeksi bakteri, atau virus, atau jamur. Penularannya pun bukan melalui tatapan mata," ujar dr. Sungadi Santotoso, melansir dari YouTube SB30, Health, 30 Januari 2021. 
 
"Misal si A matanya merah lalu matanya terasa gatal kemudian dikucek atau dipegang-pegang. Nah setelah itu ia berjabat tangan dengan si B. Jika si B setelah berjabat tangan langsung memegang area wajahnya atau matanya tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu, itu bisa menular,"sambung dr. Sungadi Santoso.
 
 
Jika kita mengalami mata merah karena iritasi ringan, misal kemasukan debu. Kita bisa membeli obat tetes mata yang dijual bebas di apotik.
 
Namun, jika sakit mata kita tidak kunjung sembuh setelah diobati, makan kita wajib periksa ke dokter mata.
 
Kemudian apabila kamu mengalami kesulitan membuka mata saat bangun tidur, terasa lengket, atau orang bilang belekan itu disebabkan oleh adanya bakteri. Apabila kondisinya seperti itu, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. 

Lalu bagaimana cara kita mencegah agar tak tertular penyakit mata

Cara yang paling penting yaitu selalu menjaga kebersihan. Kita masih boleh bertemu dengan penderita, apabila kita terpaksa harus bersentuhan, jangan langsung pegang area wajah atau mata jika kita tidak mencuci tangan.
 
Jangan dulu bertukar kacamata atau perlengkapan yang berkaitan dengan mata, seperti bulu mata
 
Ganti seprei, sarung bantal, dan sarung guling. Usahakan untuk tidak tidur satu kasur untuk sementara waktu dengan penderita. Selain itu, jangan bertukar handuk dengan penderita. 
 
 
Namun, jika kita terlanjur terkena sakit mata, apa yang bisa kita lakukan sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter?
 
Bersihkan kelopak mata kita dengan kain yang bersih. Jika mata kita belekan atau terkena infeksi bakteri, bersihkan dengan kain yang dibasahi secara perlahan.
 
Apabila mata semakin bengkak, kamu juga bisa mengompresnya dengan air dingin untuk meredakan bengkaknya. 
 
Sedangkan kalau merasakan nyeri pada mata, kita bisa mengompresnya dengan air hangat untuk meredakan nyerinya.
 
Jangan gunakan kontak lens untuk sementara waktu, bisa gantikan dengan menggunakan kacamata.
 
Selain itu yang terpenting juga jangan menggaruk atau menyentuh mata kita. Tujuannya agar tidak semakin parah dan tidak menularkannya ke orang lain.
 
*** 

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Youtube SB30, Health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 7 gaya yoga yang bisa segarkan tubuh di pagi hari

Sabtu, 24 September 2022 | 12:18 WIB