Filosofi Taoisme, mengenal dan menerapkan hidup santai untuk hilangkan kecemasan

- Jumat, 11 Maret 2022 | 11:35 WIB
Filosofi Taoism adalah prinsip melakukan hidup dengan santai dan fokus pada apa yang seharusnya dikerjakan tanpa memikirkan hal yang memang tidak bisa dikontrol. (Puja Sindia)
Filosofi Taoism adalah prinsip melakukan hidup dengan santai dan fokus pada apa yang seharusnya dikerjakan tanpa memikirkan hal yang memang tidak bisa dikontrol. (Puja Sindia)

Hops.ID – Ketika hidup terasa berjalan sangat cepat karena terlalu sibuk melakukan banyak hal, sehingga tidak memiliki waktu untuk bersantai dan menimbulkan rasa cemas berlebihan, filosofi Taoisme ini perlu kamu terapkan.

Ribuan tahun yang lalu saat pemerintahan Dinasti Zhou di China sedang tidak stabil, muncul lah berbagai macam aliran baru, salah satunya adalah filosofi Taoisme yang dicetuskan oleh Lao Tzu.

Filosofi Taoisme mengajarkan bahwa kehidupan yang baik adalah ketika kamu mengikuti alur dan menikmatinya tanpa memaksa untuk mengontrol segala hal yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Manfaat puasa media sosial untuk kesehatan: Kualitas hidup meningkat hingga tidur lebih nyenyak

Filosofi ini mengatakan bahwa manusia itu tidak perlu mencoba untuk mengontrol banyak hal dan ambisius dalam mencapai sesuatu, tetapi hidup lah dengan santai agar dapat menikmatinya tanpa perlu memikirkan banyal hal terlalu keras.

Terlalu sibuk untuk mengontrol masa depan dengan bekerja tanpa henti dan mengabaikan kesehatan fisik dan mental tidak akan baik untuk hidupmu jika terus-menerus dilakukan dan dibiarkan.

Cobalah untuk lebih santai dan nikmati setiap alur perjalanan, sehingga kamu dapat menghembuskan napas secara perlahan dan merasakan setiap hal yang terjadi tanpa harus dikejar oleh waktu.

Salah satu prisnip penting dari filosofi ini adalah Wu Wei yang artinya non action. Hidup yang terbaik adalah ketika kamu tidak melakukan aksi apapun dalam melawan semesta.

Baca Juga: Selalu merasa sendiri, simak 5 langkah mudah terbebas dari kesepian

Halaman:

Editor: Hadi Suprapto

Sumber: Youtube Satu Persen - Indonesian Life School

Tags

Artikel Terkait

Terkini