Solusi atasi mual saat mudik lebaran, salah satunya makan permen

- Selasa, 22 Maret 2022 | 16:29 WIB
Makan permen foto: Pixabay
Makan permen foto: Pixabay

HOPS.ID - Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba, persiapan mudik lebaran tidak ada salahnya untuk kalian ketahui sejak sekarang.

Bagi umat muslim, mudik lebaran adalah moment yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Menyantap opor ayam bersama keluarga, bercengkrama dengan sanak saudara, hingga menikmati perjalanan mudik lebaran turut menjadi serangkaian euforia Ramadhan bagi umat muslim.

Baca Juga: Ilmuwan desak negara kaya setop produksi minyak dan gas, ada apa?

Tetapi tidak setiap orang mampu menikmati euforia Ramadhan sepenuhnya, apalagi bagi mereka yang mengalami mabuk perjalanan di tengah-tengah keseruan mudik bersama keluarga.

Mabuk perjalanan merupakan suatu keadaan di mana seseorang merasakan mual dan pusing, menimbulkan perasaan tidak nyaman hingga ingin memuntahkan seluruh isi perutnya.

Mengalami mabuk perjalanan memang tidak begitu berbahaya secara umumnya, hanya saja membuat orang yang mengalaminya menjadi terganggu dan merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Fenomena ibu bunuh anak kandung di Brebes, ini sederet alasan psikologis yang bisa jadi motif

Apalagi jika harus muntah di tengah-tengah perjalanan mudik ke kampung halaman, pasti sangat mengganggu sekali. Karena itu, berikut tips yang dapat digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan saat mudik lebaran.

1. Hindari makanan hingga terlalu kenyang
Mabuk perjalanan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena kondisi perut yang terlalu kenyang. Perut yang terisi terlalu penuh dapat memicu rasa mual lebih mudah, ketika terkena guncangan dari kendaran. Apapun itu makanannya, lebih baik hindari makan terlau banyak hingga kekenyangan.

Merasa nyaman saat di perjalanan mudik lebaran (DariuszSankowski )

2. Istirahat dan pejamkan mata sejenak
Ketika sudah telanjur merasa pusing dan mual, lebih baik pejamkan mata dan beristirahatlah sebentar. Posisikan kepala dalam posisi senyaman mungkin dan pastikan jangan terlalu banyak mendapat guncangan.

Baca Juga: Selamat! Ria Ricis umumkan kehamilan anak pertama bersama Teuku Ryan

3. Membawa aroma terapi atau minyak
Seperti embel-embel yang ada di iklan, ternyata menghirup aroma terapi atau minyak angin dapat sangat berguna untuk memberi sensasi rilex bagi pemakainya. Hal ini juga dapat berlaku bagi mereka yang mengalami mabuk perjalanan.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: ners.unair.ac.id, Assarent.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini