Deretan bunga cantik bisa dimakan dan punya khasiat obat

- Senin, 4 April 2022 | 20:10 WIB
Bunga Marigold
Bunga Marigold
 
Hops.ID - Keindahan beberapa bunga yang sering kita lihat, beberapa di antaranya memiliki khasiat yang tak main-main.
 
Kita mungkin tidak sadar, bunga-bunga yang sering kita lihat di pekarangan dapat dimakan dan memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan.
 
Beberapa tumbuhan selain sayuran dan buah, kita juga bisa menanam aneka tanaman herbal atau rempah untuk kebutuhan dapur maupun kesehatan.
 
Adapun banyak macam bunga yang termasuk edible flower - bunga yang bisa dimakan- beberapa di antaranya sangat mudah ditanam dan diperbanyak.
 
 
1. Bunga Telang
Clitoria ternatea atau yang lebih populer dengan nama butterfly pea. Tanaman merambat dengan bunga yang berwana biru keunguan, memiliki banyak manfaat yaitu sebagai antidepresan alami, mengandung antioksidan, mengurangi peradangan dalam tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, menurunkan kolesterol tinggi, meringankan gejala diabetes, meringankan gejala asma dan masih banyak lagi.
 
Cara menanam bunga telang sangat mudah, jika kamu mendapati bunga yang telah berbunga, biarkan bunga itu merubah memanjang seperti kacang.
 
Setelah mengering kecoklatan, kamu mendapati benih bunga yang dapat ditanam, warna biji benih yang hitam gelap tanpa benih lebih cepat tumbuh ketika ditanam.
 
Siapkan tanah dalam pot, lalu tenggelamnya biji ke dalam tanah. Siram secara teratur pagi dan sore. Bunga telang menyukai sinar matahari langsung dan tanah yang lembab.
 
Biasanya bunga telang lebih banyak berbunga ketika musim hujan.
 
2. Bunga Kenop
Bunga kenop atau globe amarath (Gomphrena globosa) atau beberapa orang menyebutnya bunga kancing, karena bunga kenop memiliki bentuk bulat di atas.
 
Bunga kenop memiliki kelopak yang sangat ringan, sehingga ketika ia sudah mengering, kelopaknya itu akan dengan mudahnya terbawa angin dan tumbuh dimana saja.
 
Ekstrak bunga kenop mengandung vitamin C, vitamin B6, Vitamin K, dan folat. Beberapa kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit.
 
Misalnya, Meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah radikal bebas, mengobati luka dan mencegah kanker prostat.
 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kelopak bunga kenop yang telah mengering dapat menumbuhkan bibit yang baru.
 
Caranya, ambil beberapa kelopak, taburkan diatas tanah kemudian taburkan kembali tanah untuk menutupi kelopak kelopaknya. Kemudian siram dengan teratur.
 
Bunga kenop sebaiknya diletakan ditempat yang agak teduh.
 
3. Bunga Zinnia
Zinnia merupakan salah satu bunga yang paling mudah tumbuh, zinnia tumbuh sangat cepat.

Zinnia adalah bunga musiman, jadi mereka akan tumbuh pada satu musim dan menghasilkan benih tapi tanaman aslinya tidak akan kembali pada tahun-tahun berikutnya.

Pilih lokasi dengan sinar matahari penuh untuk mendapatkan bunga yang melimpah. Sirkulasi udara yang baik akan membantu mencegah penyakit daun

Zinnia dapat beradaptasi dengan berbagai jenis tanah, idealnya tanah dengan kayak akan bahan organik dan berdrainase baik

Menanam Zinnia sama mudahnya, tinggal tabur benih zinnia pada bunga zinnia yang sudah kering. Bibit akan muncul sekitar 4-7 hari.

Manfaat zinnia sendiri di antaranya: mengatasi datang bulan yang tidak teratur, mengatasi keputihan, mengobati hebatitis, mengatasi bisul pada kulit dan lain sebagainya.
 
4. Bunga Marigold
Calendula atau marigold adalah tanaman serba bisa seperti melakukan penyerbukan, mengusir hama, memiliki sifat penyembuhan dan tentunya bisa dimakan.

Bunga ini dapat dimasak, dimakan segar dalam salad, ditambahkan ke nasi atau dikeringkan untuk dijadikan teh.

Calendula telah digunakan secara medis berabad-abad lamanya.

Orang romawi kuno menanamnya untuk mengobati sengatan kalajeungking. Pada abad pertengahan calendula adalah obat untuk untuk segala hal mulai dari cacar hingga gangguan pencernaan.

Tanam benih di awal musim, Pilih tempat dengan banyak matahari. Calendula akan mentoleransi kondisi tanah yang buruk, tapi juga akan berkerja lebih baik dalam tanah dengan penuh gizi.

Setelah tumbuh benih, ia tidak membutuhkan pemupukan atau makanan tambahan. Calendula akan tumbuh dengan baik dikebun sayur.***

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB