Bahaya kecemasan bisa picu kondisi kejiwaan, ini 6 cara menguranginya secara alami

- Rabu, 27 April 2022 | 09:39 WIB
Ilustrasi mudah cemas. (Pexels/Liza Summer)
Ilustrasi mudah cemas. (Pexels/Liza Summer)

Hops.ID - Kecemasan atau anxiety pernah dialami oleh semua orang. Namun tidak semua kecemasan yang dialami berarti buruk untuk diri kita.

Kecemasan merupakan respons alami tubuh terhadap stres. Dilansir Hops.ID dari Helathline pada Minggu, 24 April 2022, mengatakan bahwa perasaan cemas atau khawatir dapat disebabkan oleh beberapa faktor dari genetika hingga faktor lingkungan.

Hal ini dapat membantu kita sadar akan suatu bahaya dan memotivasi untuk memperhitungkan risiko yang ada agar dapat menghindari sesuatu yang menurut kita fatal.

Baca Juga: Buka puasa di rumah Tasyi Athasyia, Shireen Sungkar kaget lihat menunya

Tetapi kecemasan yang berlebihan tentu dapat mengganggu kehidupan dan membuat sulit beraktivitas sehingga mengurangi kualitas hidup.

Beberapa gejala umum kecemasan meliputi, peningkatan denyut jantung, pernapasan cepat, kegelisahan dan kesulitan berkonsentrasi. Namun, perlu dicatat bahwa gejala kecemasan setiap orang berbeda.

Jika kecemasan yang dialami misal sesuatu yang baru atau stres karena suatu hal, namun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari  hal tersebut dapat menjadi gangguan.

Baca Juga: Aming sebut Tuhan ciptakan alam semesta karena kesepian: Supaya Dia punya permainan ketika membuat manusia

Ada beberapa gangguan kecemasan, yakni gangguan panik, gangguan stres pasca trauma atau PTSD, obsessive-compulsive disorder (OCD).

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Healtline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 7 gaya yoga yang bisa segarkan tubuh di pagi hari

Sabtu, 24 September 2022 | 12:18 WIB