3 Tanda jiwa penuh menurut Psikologi, harus segera diobati

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB
3 Tanda jiwa penuh kata Psikologi (Pixabay)
3 Tanda jiwa penuh kata Psikologi (Pixabay)

Hops.ID – Terkadang beban kehidupan yang kita tanggung seperti pekerjaan yang menumpuk, kisah asmara yang menyedihkan, bahkan harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan, akan membuat jiwa penuh dan begitu berat untuk menjalani kehidupan.

Menurut pakar Psikologi Dedy Susanto yang merupakan lulusan S3 Psikologi di Universitas Persada Indonesia, mengatakan bahwa manusia bisa merasakan jiwa penuh.

Hal itu bukan karena Tuhan tidak sempurna menciptakan manuasia. Akan tetapi, agar manusia senantiasa menjaga dan merawat segal hal yang dititipkan oleh Tuhan, salah satunya menjaga agar tidak terjadi jiwa penuh.

Baca Juga: Catatan Goenardjoadi Goenawan: Nawacita mendorong Jendral Dudung Abdurachman

“Gudang jiwa manusia walaupun buatan Tuhan juga bisa penuh. Kenapa bisa penuh, bukan berarti Tuhan tidak sempurna dalam ciptaannya, Tuhan ingin kita menjaganya. Semua titipan Tuhan kita harus amanah menjaganya termasuk jiwa harus dijaga dengan baik baik,” kata Dedy Susanto dikutip Hops.ID pada kanal YouTube Kuliah Psikologi, Selasa 17 Mei 2022.

Menurut penulis buku Pemulihan Jiwa ini, ia mengatakan setidaknya ada tiga tanda bahwa jiwamu sudah penuh dan harus segara diterapi. Berikut ketiganya

Sering merasakan mood swing.

Tanda pertama bahwa jiwamu sudah penuh yaitu kamu mengalami mood swing atau yang lebih dikenal dengan perubahan mood yang begitu cepat.

Adakalanya seorang manusia akan lebih sensitif terhadap perasaannya ketika mengalami sesuatu yang menggores hatinya, seperti putus cinta, diberhentikan dari pekerjaan dan mungkin tidak dihragai oleh orang lain. Semua itu bisa berpengaruh terhadap mood seseorang.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Youtube Kuliah Psikologi

Tags

Artikel Terkait

Terkini