Kurangi rambut rontok dengan rutin minum teh jenis ini, begini penjelasannya beserta tips merawatnya!

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:00 WIB
kerontokan pada rambut disebabkan oleh kurangnya vit. C dalam tubuh. (freepik.com)
kerontokan pada rambut disebabkan oleh kurangnya vit. C dalam tubuh. (freepik.com)

Hops.ID - Rambut salah satu aset kecantikan perempuan, memiliki rambut yang sehat dapat memberikan kepercayadirian dan mengurangi stress atau banyaknya pikiran yang tengah dihadapi seseorang.

Selain dari perawatan rambut yang kita kenal seperti shampo, hair mask, condisioner, dan sebagainya. Makanan yang kita konsumsi juga banyak mempengaruhi kesehatan tubuh, kulit juga rambut.

Salah satunya teh kembang sepatu atau hibiscus tea yang sudah terkenal sebagai salah satu teh yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan. Teh kembang sepatu dikenal dengan warnanya yang merah cerah dan memiliki dosis vitamin C yang tinggi. Sumber vitamin C ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Baca Juga: Resep praktis bumbu nasi goreng ala kaki lima dengan sisa bahan ini, dijamin enak

Kolagen ini merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kolagen merupakan protein paling melipah dalam tubuh yang ditemukan mulai dari kuku, tulang, kulit, otot, dan rambut.

Kembang sepatu juga mengandungan antioksidan dan dan vitamin C nya membantu pertumbuhan kulit kepala dan rambut. Vitamin C membantu menyerap zat besi dan membuat rambut sehat dab kuat. Sementara antioksidan membantu pemeliharaan kulit kepala dan mencegah ketombe.

hibiscus tea (freepik/jcomp)


Manfaat teh kembang sepatu untuk rambut, di antaranya:

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Baca Juga: 3 Koleksi Hot Wheels yang bisa dilepas pasang dalam seri experimotor seperti LEGO

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa teh kembang sepatu  mengantung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kolagen juga menyerap lebih banyak zat besi.

Hal ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke akar sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Merawat kulit kepala kering

Teh kembang sepatu dapat mengobati ketombe dan kulit kepala kering karena teh kembang sepatu membatu menyembuhkan luka dengan cara meregerasi dan menghidrasi kulit kepala.

3. Mencegah rambut rontok

Folikel atau tempat tumbuhnya rambut membutuhkan protein, vitamin, dan mineral untuk bertahan hidup. Jika hal itu tidak terpenuhi, maka rambut akan mengalami kerontokan.

Baca Juga: Ditinggal pergi suami, istri dikirim amplop dan slip gaji senilai 230 rb, beginilah pengakuan sang istri

Vitamin C dalam kembang sepatu dapat memenuhi kebutuhan folikel sehingga dapat mengurangi kerontokan, selain itu kerontokan juga terjadi karena zat besi yang rendah.

4. Mencegah rambut beruban dini


Peningkatan produksi kolagen oleh kandungan vitamin C pada kembang sepatu  dapat mencegah uban dan penipisan rambut.

5. Mengobati ketombe

Kembang sepatu memiliki sifat anti-ketombe. Jadi jika kulit kepala mengalami sekresi minyak berlebihan yang menyebabkan masalah seperti ketombe dan kulit kepala gatal, kembang sepatu dapat bertindak seperti zat dan mengurangi sekresi minyak oleh kelenjar.

Baca Juga: Edan! sepatu sneaker 'gembel' Balenciaga Paris ternyata harganya bikin tepok jidat

6. Menjaga kelembapan kulit

Jika anda memiliki kulit yang benar-benar kering, gatal dan bersisik, sifat hidrasi dalam teh kembang sepatu ini memberi banyak manfaat kulit.

Antosianin yang memberi warna merah pada teh, tindak hanya sekedar penambah selera, namun juga berfungsi untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan transfer nutrisi pada kulit.

Teh kembang sepatu umumnya aman dikonsumsi lebih sering, namun sebaiknay tidak berlebihan. Cobalah untuk rutin meminum 3-4 cangkir teh dalam seminggu.

Meminum teh kembang sepatu tidak direkomendasikan pada ibu hamil, karena teh kembang sepatu dapat membuat hormon ogesteron berfluktuasi yang dapat menyebabkan keguguran khususnya saat trimester pertama.

Baca Juga: 10 Alasan dianjurkan bersedekah secara teratur, salah satunya memenuhi kebutuhan harian


Teh kembang sepatu dalam dibeli dimana pun, anda bisa menemukan teh yang telah dikemas dengan kantung celum atau pembelian secara glosir.

Campurkan 2 cangkir kembang sepatu segar atau setengah cangkir kembang sepatu kering dalam 8 cangkir air.

Kemudian didihkan di atas kompor, setelah mendidih. Matikan api dan tutup panci. Biarkan kembang sepatu selama 15 - 20 menit.

Anda juga bisa menambahkan serai, oolong, mint dan lainnya. Saring teh lalu sajikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan menambahan sedikit es.

Halaman:

Editor: Intan Afrida Rafni

Sumber: timesofindia.indiatimes.com, lovedbycurls.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini