10 Fakta cacar monyet, wabah baru yang menyerang Eropa dan Amerika

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:47 WIB
Ilustrasi virus monkeypox atau cacar monyet (CDC/Pexels)
Ilustrasi virus monkeypox atau cacar monyet (CDC/Pexels)

Hops.ID - Eropa dan Amerika Utara telah mendeteksi puluhan kasus cacar monyet atau monkeypox, virus yang ditularkan dari hewan yang terinfeksi seperti tikus ke manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang berkoordinasi dengan pejabat kesehatan atas wabah cacar monyet tersebut.

Dikutip dari NDTV pada Jumat, 20 Mei 2022,  berikut 10 hal yang harus kita ketahui tentang wabah cacar monyet.

Baca Juga: Humaira Asghar, seleb TikTok Pakistan yang diduga bakar hutan demi viral

1. Cacar monyet adalah infeksi virus langka yang mirip dengan cacar manusia. Pertama kali ditemukan pada monyet yang dipelihara untuk penelitian di tahun 1958. Kasus cacar monyet pertama kali ditemukan pada manusia di tahun 1970.

2. Virus cacar monyet dapat ditularkan dari gigitan hewan yang terinfeksi. Bisa juga dari darah, cairan tubuh atau bulu hewan yang terinfeksi cacar monyet.

Diperkirakan, virus ini disebarkan oleh hewan pengerat seperti tikus, mencit dan tupai. Selain itu, manusia bisa tertular penyakit ini apabila memakan daging dari hewan terinfeksi yang belum dimasak dengan matang.

Baca Juga: Sebelum hina Anies Baswedan, Ruhut Sitompul pernah diduga lecehkan hari raya Islam

3. WHO mengungkapkan bahwa virus ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Karena itu, mereka sedang melakukan penelitian mendalam terkait hal ini.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: NDTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini