Konsumsi sayuran Kol bisa cegah asam urat? Ternyata begini faktanya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 07:32 WIB
Kol atau Kubis, foto: Pixabay
Kol atau Kubis, foto: Pixabay

Hops.id - Kol atau yang juga dikenal dengan sebutan kubis, banyak dimanfaatkan sebagai olahan bergizi. Jenis sayuran putih ini termasuk salah satu yang mudah tumbuh di berbagai jenis tanah terutama dengan tingkat kelembapan tinggi.

Selain digunakan dalam berbagai hidangan, Kol juga memiliki antioksidan alami yang baik untuk tubuh.

Namun ada sebagian orang enggan konsumsi Kol lantaran dapat membuat kembung perut dan asam urat. Benarkah demikian dan apa saja fakta mitosnya?

Baca Juga: Tagar Jisoo New Cartier Ambasaddor trending di medsos, warganet puji habis penampilannya

Terkait hal itu spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K) mengatakan bahwa manfaat kol sangat kaya dan tidak terduga.

"Banyak manfaatnya dari membantu turunkan kadar kolesterol , pencegahan asam urat hingga membantu mempercepat pemulihan pasien kanker," ujarnya dalam tayangan YouTube AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne yang dilansir Hops.id pada Selasa 24 Mei 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kaitan kol dengan asam urat menurutnya tidak terlampau membahayakan, bahkan banyak rumor yang beredar bahwa sayuran kol bisa cegah asam urat.

Baca Juga: Belum damai, ibu ungkap kelakuan Indah Permatasari saat datang ke rumah

"Yang beredar di masyarakat kol bisa atasi asam urat, penelitiannya belum ada. Tapi memang dibanding sayuran hijau lain, kol masih relatif aman," ujarnya.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini