Bayi kurang dari 12 bulan dilarang minum susu sapi tapi boleh kalau susu formula, dokter ini jelaskan sebabnya

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:09 WIB
Ilustrasi menyentuh tangan bayi (Sumber foto: Freepik/onlyyouqj)
Ilustrasi menyentuh tangan bayi (Sumber foto: Freepik/onlyyouqj)

Hops.ID - Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics) menyatakan bahwa bayi di bawah usia dua belas bulan tidak boleh meminum susu sapi dan sebaiknya meminum Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula.

Lantas mengapa bayi tak boleh meminum susu sapi namun boleh meminum susu formula yang terbuat dari susu sapi?

Dr. Jae Kim selaku Direktur Divisi Neonatologi di Rumah Sakit Anak Cincinnati mengatakan bahwa susu sapi diproduksi secara khusus untuk bayi sapi, sebagaimana ASI dihasilkan khusus untuk bayi manusia.

Baca Juga: Krisis susu formula di Amerika Serikat, produk sulit ditemukan bikin orangtua bayi cemas dan putus asa

Susu sapi disebut mengandung protein yang sulit untuk dicerna bayi manusia. Selain itu, susu sapi juga kurang vitamin dan mineral penting. Misalnya zat besi, yang dibutuhkan bayi untuk berkembang.

Kendati demikian, bayi tetap boleh meminum susu formula. Hal ini karena protein dari susu sapi telah dihilangkan dan diubah sebelum ditambahkan ke dalam formula bersama bahan penting lainnya.

Kim menjelaskan bahwa usus, ginjal, serta sistem kekebalan bayi memerlukan waktu untuk berkembang sebelum akhirnya bisa menerima dengan aman kadar dan jenis protein yang ada dalam susu sapi.

Menurut Akademi Pediatri Amerika, konsentrasi tinggi protein dan mineral yang ada dalam susu sapi dapat membuat ginjal bayi yang baru lahir mengalami stres dan menyebabkan beberapa penyakit serius pada saat demam atau diare.

Baca Juga: Manfaat renang untuk kesehatan bayi dan balita

Halaman:

Editor: Danang Setiaji Prabowo

Sumber: Live Science

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada preeklamsia, tekanan darah tinggi pada ibu hamil

Selasa, 29 November 2022 | 06:52 WIB