6 Dampak negatif terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain

- Kamis, 16 Juni 2022 | 13:04 WIB
Ilustrasi dampak negatif terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. (Pexels/Engin Akyurt)
Ilustrasi dampak negatif terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. (Pexels/Engin Akyurt)

Hops.ID – Semakin mudahnya teknologi sehingga banyaknya informasi yang masuk tanpa bisa dipilah lebih dulu bisa membuatmu tanpa sadar menjadi sering membandingkan diri dengan orang lain.

Bahkan keberadaan media sosial yang semakin beragam dan lebih didominasi dengan berbagai hal membahagiakan akan membuatmu lebih mudah membandingkan diri dengan orang lain.

Memang membandingkan diri dengan orang lain bisa sangat membantumu dalam mengevaluasi diri agar bisa menjadi lebih baik lagi setiap harinya dengan melakukan perubahan kecil yang positif.

Namun, tidak akan baik dan secara perlahan akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri maupun orang lain ketika dilakukan secara berlebihan.

Baca Juga: Perbedaan anxious, panic attack, dan anxiety attack, kenali gejala hingga penyebabnya

Secara perlahan kondisi kesehatan mental serta fisik kamu pun akan terganggu karena munculnya pikiran serta emosi negatif dalam diri yang lama-kelamaan sulit dikendalikan dengan baik.

Entah itu merasa iri, sedih, kecewa, atau bahkan menjadi sering menyalahkan diri sendiri dan keadaan karena terus-menerus melihat kekurangan di dalam diri serta kesalahan yang pernah dilak

Dampak negatif karena terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain

Dikutip Hops.ID melalui Psychology Today, ada enam dampak negatif yang mungkin kamu rasakan ketika terlalu sering membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini