Tak hanya fisik, kekerasan emosional dalam hubungan juga bisa berdampak buruk

- Minggu, 19 Juni 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi dampak kekerasan emosional dalam hubungan yang dapat memengaruhi fisik hingga mental. (Pexels/Timur Weber)
Ilustrasi dampak kekerasan emosional dalam hubungan yang dapat memengaruhi fisik hingga mental. (Pexels/Timur Weber)

Hops.ID – Mungkin selama ini kamu mengira hanya ada kekerasan pada fisik dalam sebuah hubungan, tetapi ternyata ada pula kekerasan emosional yang akan berdampak buruk jika dibiarkan secara terus-menerus.

Kamu berpikir bahwa mengalami kekerasan secara fisik akan jauh lebih mengerikan dan tidak bisa kamu tolerir lebih jauh lagi sehingga ketika mulai merasa alami kekerasan emosional, kamu memilih menyangkalnya.

Padahal kekerasan emosional yang kamu dapatkan secara terus-menerus dari pasangan akan menimbulkan masalah psikologis yang lebih serius, seperti depresi.

Mungkin selama ini pasangan kamu selalu mengatakan hal-hal yang membuatmu merasa rendah diri dan kehilangan kepercayaan diri karena dicela atau bahkan diremehkan yang pada akhirnya membuatmu percaya dan meyakini semua itu.

Baca Juga: 6 Dampak negatif terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain

Karena pasanganmu ternyata telah berhasil memanipulasi emosimu sehingga semua yang dikatakannya kamu yakini dan percaya begitu saja tanpa mencernanya lebih dulu.

Dampak kekerasan emosional

Dikutip Hops.ID melalui Healthline pada 19 Juni 2022, ada beberapa dampak yang mungkin akan kamu rasakan ketika mengalami kekerasan secara emosional, yaitu dalam jangka pendek maupun panjang.

1. Jangka pendek

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung

Senin, 5 Desember 2022 | 12:08 WIB