5 Tanda kamu alami inferiority complex, kenali sebelum berlebihan

- Minggu, 19 Juni 2022 | 13:16 WIB
Ilustrasi tanda ketika kamu alami Inferiority Complex atau sindrom rendah diri. (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi tanda ketika kamu alami Inferiority Complex atau sindrom rendah diri. (Pexels/Karolina Grabowska)

Hops.ID – Sering merasa tidak cukup mampu dibandingkan dengan orang lain, seperti enggak cukup hebat sebagai anak atau orang tua, enggak cukup keren dalam hal penampilan, atau bahkan enggak cukup beprestasi dalam pendidikan? Mungkin saja kamu sedang mengalami inferiority complex.

inferiority complex adalah kondisi psikis yang timbul karena merasa tidak cukup mampu dan baik dibandingkan orang lain dari segi fisik maupun psikologis.

Setiap orang pasti pernah mengalami inferiority complex atau merasa rendah diri. Tetapi bukan berarti hal ini menjadi diwajarkan dan dibiarkan begitu saja sehingga membuatmu selalu merasa kurang dan enggak cukup tentang dirimu sendiri.

Bahkan kamu menjadi sulit melihat kelebihan yang sebenarnya ada dan tersembunyi di dalam dirimu, karena terlalu fokus pada hal-hal yang tidak mampu kamu lakukan.

Baca Juga: Alasan kamu sulit meninggalkan hubungan toxic, salah satunya karena masih ada rasa cinta

Alhasil, kualitas diri kamu semakin menurun karena terus memikirkan hal-hal di luar kendalimu yang pada akhirnya membuatmu hanya berdiam diri tanpa melakukan usaha apapun untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif.

Tanda kamu alami inferiority complex

Dikutip Hops.ID melalui laman Instagram Irma Gustiana A @ayankirma pada 19 Juni 2022, ada lima tanda ketika kamu sedang merasa bahwa dirimu tidak cukup mampu dalam beberapa hal dalam hidupmu.

1. Merasa cemas atas kekurangan diri

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Instagram @ayankirma

Tags

Artikel Terkait

Terkini