Perilaku toxic pada diri sendiri yang tanpa sadar dilakukan, hentikan sebelum terlambat

- Senin, 20 Juni 2022 | 13:11 WIB
Ilustrasi perilaku toxic pada diri sendiri yang tanpa sadar dilakukan hingga menjadi kebiasaan (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi perilaku toxic pada diri sendiri yang tanpa sadar dilakukan hingga menjadi kebiasaan (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Hops.ID – Mungkin tanpa sadar selama ini kamu melakukan kebiasaan yang ternyata semua itu adalah bagian dari perilaku toxic pada diri sendiri hingga secara perlahan membuat kondisi kesehatan mental kamu menurun.

Beberapa kebiasaan yang awalnya kamu anggap biasa saja ternyata berpotensi menjadi perilaku toxic pada diri sendiri dan itu akan sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan dan tidak disadari dengan segera.

Perilaku toxic pada diri sendiri ini biasa disebut dengan self sabotage atau menyabotase diri sendiri sehingga membuatmu sulit untuk belajar dan bertumbuh menjadi dirimu yang lebih baik lagi.

Kamu akan semakin sulit menggapai semua impian dan cita-cita yang selama ini sudah lama direncanakan karena mungkin saja hanya sibuk meratapi kegagalan dan berdiam diri tanpa melakukan usaha apapun.

Baca Juga: Tak hanya fisik, kekerasan emosional dalam hubungan juga bisa berdampak buruk

Menurut laman Instagram Biro Psikologi Dinamis @biropsikologidinamis seperti dikutip Hops.ID pada 20 Juni 2022, ada lima perilaku atau kebiasaan tidak sehat yang menghalangi dirimu sendiri untuk belajar dan bertumbuh menjadi lebih baik lagi setiap harinya. Secara sederhana, bisa dibilang lima perilaku ini merupakan perilaku toxic pada diri sendiri. Berikut penjelasannya.

Meragukan diri

Setiap kali ada kesempatan di depan mata, kamu selalu saja menyerah sebelum benar-benar mencoba dan melakukannya karena menganggap bahwa dirimu sendiri tidak akan mampu meraih semua itu.

Meragukan kemampuan dirimu sendiri dan mempercayai dalam hati dan pikiran jika saja kamu mengambil kesempatan itu, maka hanya akan ada kegagalan yang kamu dapatkan.

Halaman:

Editor: Danang Setiaji Prabowo

Sumber: Instagram @biropsikologidinamis

Tags

Artikel Terkait

Terkini