Hati-hati, sindrom patah hati bisa bikin kamu gagal jantung, ini penjelasan peneliti

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:41 WIB
Ilustrasi. Patah hati bisa menyebabkan seseorang terkena gagal jantung akibat perubahan emosi yang terjadi di otaknya. (Pixabay/ geralt)
Ilustrasi. Patah hati bisa menyebabkan seseorang terkena gagal jantung akibat perubahan emosi yang terjadi di otaknya. (Pixabay/ geralt)

Hops.ID – Gagal jantung bisa disebabkan oleh patah hati, menurut penelitian terbaru.

Para peneliti di University of Aberdeen mengungkapkan bahwa perubahan di area otak yang terkait dengan emosi telah diidentifikasi pada orang dengan sindrom Takotsubo yang juga dikenal dengan sindrom patah hati.

Sindrom Takotsubo atau sindrom patah hati adalah bentuk tiba-tiba gagal jantung akut yang diperkirakan memengaruhi sekitar 5.000 orang di Inggris setiap tahun, terutama pada wanita pasca menopause.

Baca Juga: Bintang tamu podcast Denny Sumargo ketakutan, Deddy Corbuzier sebut fenomena cancel nation

Sindrom patah hati ini dapat menyebabkan gejala yang sama seperti serangan jantung. Meski arteri yang menuju ke jantung tidak tersumbat, risiko komplikasinya mirip dengan serangan jantung yang sebenarnya.

Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi seratus tahun British Cardiovascular Society di Manchester, Inggris ini, belum sepenuhnya mengetahui apa penyebab sindrom Takotsubo.

“Namun, kami yakin itu disebabkan oleh stres emosional atau fisik seperti kehilangan orang yang dicintai. Karena itu, dikenal juga sebagai sindrom patah hati,” kata Dr. Hilal Khan, peneliti klinis di Universitas Aberdeen.

Baca Juga: Gary Iskak ungkap alasan tidak lagi gunakan narkoba dan bersyukur selalu didukung istri yang luar biasa

Ia pun mengatakan, “Selama bertahun-tahun, kami telah mengetahui bahwa ada hubungan antara otak dan jantung, walaupun peran yang dimainkannya di Takotsubo masih misteri."

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: neurosciencenews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini