Jomblo harus tahu! Berikut penyebab overthinking ketika ingin mulai menjalin hubungan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi alasan kenapa kamu sering overthinking ketika ingin menjalin hubungan dengan orang baru. (Pexels/imustbedead)
Ilustrasi alasan kenapa kamu sering overthinking ketika ingin menjalin hubungan dengan orang baru. (Pexels/imustbedead)

Hops.ID – Mungkin bagi kamu yang jomblo selama ini bertanya-tanya atau bahkan kebingungan sendiri penyebab overthinking ketika ingin menjalin hubungan dengan orang lain.

Padahal kamu ingin sekali bisa kembali menjalin hubungan dengan orang lain tanpa perlu merasa ragu. Tahukah kamu, penyebab overthinking pada akhirnya membuatmu takut untuk melangkah lebih jauh.

Penyebab overthinking pada akhirnya hanya akan membuatmu lelah dan sulit memahami apa yang sebenarnya kamu rasakan selama ini.

Mungkin ada hal atau kejadian tidak menyenangkan di masa lalu yang membuatmu membangun pertahanan diri sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri sendiri dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mengenal dysthymia, depresi gejala ringan tetapi berjangka panjang

Bahkan belum bisa berdamai dengan dirimu sendiri, memaafkan dan menerima apa yang telah terjadi di masa lalu, sehingga rasanya masih sulit membuka hatimu untuk kembali menjalin hubungan dengan orang lain.

Setiap kali ada yang mendekat dan mencoba mengenalmu lebih jauh, kamu memilih menghindar atau pura-pura tidak tertarik karena masih merasa ragu dan takut untuk memulai kembali.

Alasan kamu overthinking ketika ingin menjalin hubungan

Dikutip Hops.ID melalui Psychology Today pada 21 Juni 2022, ada tiga alasan yang paling sering dialami dan dirasakan seseorang ketika sampai pada detik ini masih belum memiliki keberanian untuk memulai hubungan kembali dengan orang lain.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini