Kenali 5 tanda kecanduan belanja, hentikan sebelum berdampak buruk

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:35 WIB
Ilustrasi tanda ketika kamu sudah mulai kecanduan belanja sehingga tidak bisa berhenti melakukannya. (Pexels/Gustavo Fring)
Ilustrasi tanda ketika kamu sudah mulai kecanduan belanja sehingga tidak bisa berhenti melakukannya. (Pexels/Gustavo Fring)

Hops.ID – Membeli apapun melalui gadget memang lebih mudah dilakukan walau sesibuk apapun aktivitasmu. Dan kemudahan itulah yang membuatmu lama-kelamaan tanpa sadar jadi kecanduan belanja.

Mungkin awalnya hanya membeli beberapa barang yang memang dibutuhkan, tetapi ternyata kini sudah menjadi sebuah kebiasaan yang melewati batas yang pada akhirnya membuatmu kecanduan belanja.

Rasanya kalau tidak ada yang dibeli setiap minggunya seperti ada yang kurang. Dan tentunya kebiasaan yang tanpa sadar membuatmu kecanduan belanja ini akan sangat berbahaya jika terus diabaikan.

Karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak akan baik dan secara perlahan menunjukkan dampak buruknya untuk dirimu sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: Jomblo harus tahu! Berikut penyebab overthinking ketika ingin mulai menjalin hubungan

Itulah kenapa pentingnya menyadari dan mulai berhenti ketika dirasa kamu sudah melakukan sesuatu di luar batas agar dapat memilah mana yang memang benar-benar dibutuhkan dan tidak.

Tanda kamu sudah mulai kecanduan belanja

Dikutip Hops.ID melalui Psych Guides, ada lima tanda ketika kamu sudah mulai kecanduan dalam berbelanja sehingga tidak lagi bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

1. Menghabiskan uang lebih dari kemampuan

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Psych Guides

Tags

Artikel Terkait

Terkini