5 Cara mengubah rasa cemas menjadi hal yang produktif

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:14 WIB
Ilustrasi mengubah rasa cemas menjadi hal yang produktif (Brooke Cagle/Unsplash)
Ilustrasi mengubah rasa cemas menjadi hal yang produktif (Brooke Cagle/Unsplash)

Hops.ID - Rasa cemas adalah respons alami tubuh yang timbul saat menghadapi situasi yang membuat kita stres. Emosi ini biasanya disertai dengan perasaan takut, stres, dan khawatir.

Setiap orang tentu pernah mengalami rasa cemas. Namun, bagi sebagian orang dan dalam kondisi tertentu, rasa cemas yang berlebihan dapat menghambatnya dalam menjalani aktivitas sehari-hari, mengekspresikan diri, atau mengambil tindakan untuk mencapai karir, kesuksesan, dan kepuasan hidupnya.

Misalnya, pada orang yang pemalu, rasa cemas bisa muncul tepat sebelum ia akan menyampaikan presentasi penting, atau ketika ia bersiap untuk menjadi pembicara di acara yang berskala besar.

Baca Juga: Mantan koki Kerajaan Inggris ungkap menu makanan sehari-hari Putri Diana, sehat banget!

Selain itu, rasa cemas dapat menyebabkan seseorang hanyut dalam perasaan emosionalnya. Alih-alih terus terperangkap dalam perasaan itu, rasa cemas juga bisa menjadi emosi positif yang memotivasi orang untuk menjadi lebih produktif, lho!

Berikut ini ada 5 tips mengubah rasa cemas menjadi produktif yang telah tim Hops.ID himpun dari laman YourTango pada Kamis, 23 Juni 2022.

1. Ubah rasa cemasmu menjadi rasa gembira

Biasanya hal yang dilakukan oleh orang yang menghadapi rasa cemas adalah mencoba untuk tenang.

Baca Juga: Berteman dari kecil, Hamish Daud ungkap kenakalan Luna Maya

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Yourtango

Tags

Artikel Terkait

Terkini