Alasan kamu sulit menerima cinta dalam hidup, salah satunya pernah alami penolakan

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:26 WIB
Ilustrasi alasan yang menjadi penyebab kenapa sampai saat ini kamu masih sulit menerima cinta dari orang lain maupun dirimu sendiri. (Pixabay)
Ilustrasi alasan yang menjadi penyebab kenapa sampai saat ini kamu masih sulit menerima cinta dari orang lain maupun dirimu sendiri. (Pixabay)

Hops.ID – Rasanya memang lebih mudah memberikan cinta, pujian, kasih sayang, dan hal-hal baik lainnya dibanding untuk dirimu sendiri, mungkin karena ada bagian dari diri yang menolak sehingga sulit menerima cinta dari orang lain.

Terbiasa melakukan apapun sendiri dan menganggap bahwa dirimu tidak membutuhkan cinta dari orang lain, atau ada kejadian tidak menyenangkan di masa lalu yang masih meninggalkan luka batin hingga membuatmu sulit menerima cinta dan kebaikan lainnya dalam hidupmu.

Pada dasarnya manusia memang akan lebih mudah mencintai dan bersikap baik pada orang lain dibanding pada dirinya sendiri, tetapi ternyata ada beberapa alasan yang bisa membuatmu sulit menerima cinta untuk dirimu sendiri.

Berbuat baik dan memberikan cinta serta kasih sayang pada orang-orang di sekitarmu itu memang diperlukan untuk membangun hubungan baik dengan sesama, tetapi bukan berarti kamu melupakan dirimu sendiri yang juga membutuhkan perhatian dari orang lain, bahkan dari dirimu sendiri pun belum mendapatkannya.

Baca Juga: Enggak akur sama mertua? 3 Hal ini mungkin saja yang jadi penyebabnya

Terlalu sibuk memuji dan mengatakan hal-hal positif pada orang lain sehingga lupa untuk mencintai diri sendiri, atau bahkan memang sengaja melakukannya karena ada beberapa alasan.

Alasan kamu sulit menerima cinta

Dikutip Hops.ID melalui Psychology Today, ada empat hal yang mungkin saja menjadi alasan kenapa sampai saat ini kamu masih saja menolak untuk dicintai oleh orang lain maupun dirimu sendiri.

1. Pernah mengalami penolakan

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini