Masyarakat diminta waspadai penyakit mata di musim pancaroba

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:01 WIB
Ilustrasi mata merah (sumber: suara.com)
Ilustrasi mata merah (sumber: suara.com)

Hops.ID - Baru-baru ini beberapa warganet mengeluhkan sakit mata di sosial media. Hal ini kemudian jadi perhatian otoritas kesehatan, yang menyerukan agar masyarakat mewaspadai sejumlah penyakit yang sering muncul saat pergantian musim atau pancaroba.  

Sakit mata, dalam dunia medis sendiri, dikenal dengan sebutan konjungtivitis, yang penularannya sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya.

“Infeksi sakit mata ini, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti virus, bakteri, alergi serta jamur sehingga membuat mata yang seharusnya bening menjadi merah,” terang Dokter Spesialis Mata RSUD dr. Iskak, dilansir Hops.ID dari laman resmi RSUD Tulungagung, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Rusia kian hangat dengan Iran! Begini wujud kerja sama yang disepakati, salah satunya terkait nuklir

Terkait hal ini, ilmuwan luar juga memberi pengertian yang lumayan terang terkait asal-usul sakit mata, yang salah satunya juga efek dari musim kemarau.

"Terik matahari saat cuaca panas sangat berbahaya bagi mata," kata Direktur Medis Vision Eye Center di New Delhi, dilansir Hops.ID dari laman Suara, Jumat 24 Juni 2022.

Selain itu, sejumlah juga menerangkan bahwa paparan sinar ultraviolet matahari di musim panas dapat meningkatkan risiko katarak dan kerusakan retina.

Baca Juga: Update terbaru gempa dahsyat mengguncang Afganistan dan Iran, kini nyaris 1.000 orang tewas

Kemudian terkait gejala yang dialami oleh penderita sakit mata ini umumnya beragam. Ada yang matanya berair, kemudian keluar kotoran, hingga sulit dibuka.

Yang layak digarisbawahi, penyakit mata ini ternyata dapat menular, meski penularannnya tidak langsung dari kontak mata atau saling menatap. Tetapi dari kebersihan diri penderita sakit mata yang kurang terjaga.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara, RSUD Tulungagung

Tags

Artikel Terkait

Terkini