Ternyata kecemasan bisa berubah jadi kekuatan, yuk simak caranya agar tak terus merasa khawatir

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:55 WIB
Ilustrasi cara mengubah kecemasan yang muncul dalam diri menjadi sebuah kekuatan untuk bertahan dan kembali melangkah (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi cara mengubah kecemasan yang muncul dalam diri menjadi sebuah kekuatan untuk bertahan dan kembali melangkah (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Hops.ID – Mungkin selama ini kamu merasa bahwa kecemasan yang dialami dan dirasakan itu hanya akan membuatmu kehilangan semangat untuk mencapai tujuan dalam hidupmu.

Padahal kecemasan yang muncul dalam diri bisa kamu ubah menjadi kekuatan dengan mengarahkan energi dan fokus yang berasal dari rasa cemas itu menjadi pemecah masalah.

Karena ternyata kecemasan itu bisa berubah menjadi hal yang positif kalau kamu mampu melihat sisi lain yang sebenarnya, sehingga perasaan tidak nyaman itu bisa diubah sebagai kekuatan untukmu melewati semua rintangan dan permasalahan yang terjadi dalam hidup.

Rasa cemas yang pada awalnya selalu membuatmu ketakutan dan khawatir akan segala hal yang pernah atau bahkan belum terjadi sekalipun, kini mampu mengubahmu menjadi seseorang yang lebih kuat dan siap mengahdapi segala permasalahan yang akan terjadi di kemudian hari.

Baca Juga: Tentang Daytime Fatigue, kelelahan di siang hari akibat insomnia dan 7 dampaknya

Mungkin selama ini kamu hanya fokus pada rasa cemas itu sendiri, tanpa mau merasakan dan melihat sisi lain yang tersembunyi di baliknya yang ternyata bisa melahirkan semangat baru agar kamu tidak mudah menyerah begitu saja.

Cara mengubah kecemasan menjadi kekuatan

Seperti dikutip Hops.ID dari Psychology Today, ada tiga cara yang dapat kamu lakukan ketika cemas berlebihan itu muncul dalam diri. Berikut pnejelasan selengkapnya.

Dengarkan kecemasanmu

Halaman:

Editor: Danang Setiaji Prabowo

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini