Mengenal microbreaks, istirahat sejenak saat lelah di kantor, yuk mulai lakukan sebelum alami burnout

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:47 WIB
Ilustrasi mengenal microbreaks beserta dampak dan kaitannya dengan tempat kerja. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi mengenal microbreaks beserta dampak dan kaitannya dengan tempat kerja. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Hops.ID – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang cenderung mengambil microbreaks atau istirahat sejenak di tempat kerja ketika mulai merasa lelah, dan itu bukanlah hal yang buruk.

Menyempatkan diri melakukan microbreaks juga akan membangkitkan kembali energi serta semangatmu, sehingga pekerjaanmu selanjutnya bisa dikerjakan dengan lebih baik dan maksimal.

Bahkan microbreaks atau istirahat sejenak di tempat kerja saat kelelahan akan membuatmu menjadi lebih produktif, karena tidak memaksakan diri untuk terus beraktivitas yang pada akhirnya membuat tubuh serta pikiran menjadi cepat lelah dan kehilangan banyak sekali energi dengan lebih cepat.

Baca Juga: Dewi Perssik cerai dengan Angga Wijaya, mata Saipul Jamil sang mantan suami sembab gara-gara ini

Mengistirahatkan diri sejenak di tengah kesibukan aktivitas dalam bekerja secara sukarela tanpa direncanakan juga dapat meminimalisir terjadinya burnout, yaitu lelah secara emosional karena terus memaksakan diri untuk bekerja.

Karena tentu saja istirahat itu bentuknya tidak hanya tidur, melainkan juga melakukan hal-hal kecil untuk memberikan tubuh dan pikiranmu mengambil napas sejenak, seperti makan camilan, mengobrol dengan rekan kerja, meregangkan tubuh, atau mungkin menyempatkan diri melakukan hobi atau kesukaanmu di tengah jam kerja.

Dikutip Hops.ID melalui Psychology Today, pada Minggu, 26 Juni 2022, ada beberapa dampak dan kaitannya dengan tempat kerja ketika kamu memilih untuk istirahat sejenak.

Baca Juga: Akun di Facebook sebut PDIP jadi partai terlarang di Sumatera Barat, begini faktanya

Dampak microbreaks

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini