7 Cara mudah tenangkan pikiran cemas, yuk coba lakukan agar tak lagi merasa khawatir dan takut

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:24 WIB
Ilustrasi cara menenangkan pikiran cemas. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi cara menenangkan pikiran cemas. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tak usah terburu-buru menyimpulkan sesuatu tanpa benar-benar mencari tahu kebenarannya, karena hal itu hanya akan membuang energimu secara sia-sia dan lelah secara emosional.

2. Berlatih mengobservasi

Ketika rasa cemas itu mulai muncul dan mengganggu pikiranmu, cobalah untuk tidak langsung memberi respons pada apa yang sedang dirasakan, melainkan mengamatinya terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Tips sederhana untuk menghilangkan stres kurang dari 5 menit

Cermati dan pahami apa yang sedang terjadi dan dirasakan agar tak menyesalinya di kemudian hari karena salah dalam menentukan apa yang seharusnya dilakukan.

3. Fokus pada apa yang sedang terjadi

Ilustrasi fokus pada apa yang sedang terjadi. (Pexels/mentatdgt)

Biasanya kecemasan itu muncul karena kamu terlalu memikirkan hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu atau bahkan yang belum tentu terjadi di masa depan.

Maka, cobalah untuk fokus saja pada apa yang sedang kamu lakukan dan ingin raih pada saat ini, nikmati setiap proses dari perjalananmu dalam mencapi tujuan, agar kekhawatiran dan ketakutan itu perlahan hilang dengan sendirinya.

4. Kenali dan berikan label

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Instagram @psikolog_friscamelissa

Tags

Artikel Terkait

Terkini