Agar terhindar dari toxic positivity, begini 5 cara membantu dan menguatkan yang benar

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:58 WIB
Ilustrasi cara membantu dan menguatkan yang benar agar terhindar dari toxic positivity. (Pexels/Mikhail Nilov)
Ilustrasi cara membantu dan menguatkan yang benar agar terhindar dari toxic positivity. (Pexels/Mikhail Nilov)

Hops.ID – Tanpa sadar mungkin saja kamu sudah melakukan toxic positivity dengan kalimat yang niatnya untuk menguatkan. Tetapi ternyata malah membuat orang semakin kehilangan kepercayaan diri. Atau bahkan memilih untuk menyembunyikan emosi negatif yang sebenarnya sedang dirasakan.

Dampak dari toxic positivity bisa membuat kondisi kesehatan mental menjadi memburuk, karena tanpa sadar mereka dipaksa untuk terlihat baik-baik saja di depan semua orang, padahal ada emosi negatif yang tersembunyi dan harus segera diselesaikan.

Terjadinya toxic positivity ini bisa saja tanpa sadar dilakukan karena sudah lebih dulu merespons apa yang sedang diceritakan tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Sehingga tanpa sadar kalimat yang seharusnya membantu dan menguatkan malah terasa menyakitkan serta menyinggung perasaan.

Bahkan kamu masih menganggap bahwa apa pun yang terjadi dalam hidup, sesulit dan sesakit apa pun itu, mereka harus tetap memiliki pola pikir positif agar tak berlarut-larut dalam kesedihan.

Baca Juga: 7 Cara mudah tenangkan pikiran cemas, yuk coba lakukan agar tak lagi merasa khawatir dan takut

Padahal tidak selamanya kamu harus terus-menerus berpikir secara positif pada segala hal yang terjadi dalam hidup. Karena ada saatnya di mana kamu perlu menerima dan memahami segala emosi negatif yang muncul agar bisa dikelola dengan lebih baik.

Cara membantu dan menguatkan yang benar agar terhindar dari toxic positivity

Dikutip Hops.ID dari laman Instagram Irma Gustiana A @ayankirma pada Jumat, 01 Juli 2022, ada lima cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu dan menguatkan orang tersayang dengan benar.

1. Memvalidasi semua emosi

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Instagram @ayankirma

Tags

Artikel Terkait

Terkini