Resep udang ala mie gacoan, simpel dan praktis bikin di rumah

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 21:25 WIB
Resep udang keju ala mie gacoan (Instagram @lina_dharmaputra)
Resep udang keju ala mie gacoan (Instagram @lina_dharmaputra)

Hops.ID - Di aplikasi pesan antar maupun makan di tempat, Mie Gacoan salah satu restoran yang ramai antrean karena terkenal dengan mie pedasnya.
 
Selain populer dengan makanan pedas, side dish Mie Gacoan jadi menu wajib yang tidak boleh dilewatkan karena rasanya tak kalah enak dengan makanan utama.
 
Dalam satu gigitan rasa gurih udang dan keju merupakan kombinasi yang cocok sebagai cemilan ataupun makanan pendamping, maka side dish ini salah satu yang paling best seller sebab teksturnya garing di luar serta lembut di dalam. 
 
 
Banyak penikmat Mie Gacoan yang tak pernah absen memesan menu udang keju ini. Kali ini Hops.ID akan membagikan resep udang keju ala mie gacoan, yuk simak resep simpelnya!
 
Bahan dan bumbu:
 
8 udang 
300 gr ayam fillet bagian paha
3 siung bawang putih 
3 sendok makan terigu
1 sendok makan tapioka
1/2 sendok teh lada
1 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh gula 
1 sendok teh saos tiram
1/2 sendok makan minyak wijen
1/3 sendok kecap ikan
1 butir putih telur
 
 
Cara membuatnya:
 
1. Pisahkan udang dari kulitnya dan jangan buang ekornya. Lalu cincang kasar dagingnya untuk memberi tekstur.
 
2. Berikutnya daging ayam fillet dichopper atau diblender bersama bumbu di atas. Untuk ayam filletnya opsional bisa menggunakan bagian paha atau dada. Namun, bagian paha lebih berlemak dan gurih jika dimakan.
 
3. Setelah dihaluskan daging ayamnya, tambahkan udang yang telah dicincang tadi. Aduk rata kedua bahan tersebut.
 
 
4. Lalu oleskan tangan dengan sedikit minyak agar tidak lengket saat membulatkan adonan.
 
5. Ambil sekiranya 1½ adonan bahan udang dan ayam. Selanjutnya pipihkan adonan serta isi dengan keju quick melt dan taruh butut udang di bagian ujungnya. Bentuk adonan sampai rata menyelimuti isiannya di dalamnya.
 
6. Adonan yang sudah dibentuk dicelupkan ke dalam kuning telur. Kemudian, dibalurkan ke tepung roti dan bisa diulang langkah ini dua kali agar hasilnya tertutup merata.
 
 
7. Setelah itu digoreng hingga coklat keemasan dengan api kecil sampai matang sempurna. Jika sudah tiriskan dan sajikan di piring bersama cocolan saus sambal yang kalian sesuai selera.
 
Hidangkan selagi hangat dan udang keju ini bisa buat teman camilan saat nonton film atau bisa dijadikan lauk dengan nasi hangat yang identik dengan ciri makan orang Indonesia, bila tak ada nasi belum lengkap rasanya.***

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: TikTok Nanakoot

Tags

Artikel Terkait

Terkini